28.4 C
Jakarta

Amalan Rasulullah Agar Sembuh dari Segala Penyakit

Artikel Trending

Asas-asas IslamSirah NabawiyahAmalan Rasulullah Agar Sembuh dari Segala Penyakit
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. – Manusia tidak luput dari penyakit. Ketika sakit berbagai upaya dilakukan untuk meraih kesembuhan, mulai dari pengobatan medis hingga ikhtiar spiritual. Di antara ikhtiar spiritual yang tak kalah penting adalah melakukan amalan yang diajarkan Rasulullah. Amalan tersebut sejatinya adalah bentuk doa memohon kesembuhan kepada Allah Swt yang disebut dengan penyerahan diri dan pengakuan bahwa hanya Dialah yang maha kuasa atas segala sesuatu, termasuk kesehatan dan penyakit. Nah, berikut penjelasan amalan Rasulullah agar sembuh dari segala penyakit.

Dalam Islam ketika Allah Swt memberikan penyakit kepada hamba-Nya, pasti Allah juga telah menyediakan obatnya, jadi kita sebagai hamba Allah tak perlu khawatir. Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitabnya Shahih Bukhari berikut:

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

Artinya: “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari)

Senada dengan hadis di atas dalam Al-Qur’an surah Al Isra’ Ayat 82 Allah juga telah berfirman bahwa salah satu obat untuk menyembuhkan penyakit adalah dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an;

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا.

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.”

Perihal amalan Rasulullah agar sembuh dari segala penyakit telah disabdakan beliau dalam sebuah hadis dalam kitab An Nawadir karya Imam Ahmad Syihabuddin bin Salam Al Qalyubi halaman 169 berikut:

فائدة ; روي أنه صلى الله عليه وسلم قال: علمني جبريل دواء لا أحتاج معه إلى دواء ولا طبيب ، فقال أبو بكر وعمر وعثمان وعلي رضي الله عنهم ; وما هو يا رسول الله ؟ إن بنا حاجة إلى هذا الدواء . فقال ; يؤخذ شيئ من ماء المطر وتتلى عليه فاتحة الكتاب ، وسورة الإخلاص ، والفلق ، والناس ، وآية الكرسي ، كل واحدة سبعين مرة ويشرب غدوة وعشية سبعة أيام . فو الذي بعثني بالحق نبيا ، لقد قال لي جبريل ; إنه من شرب من هذا الماء رفع الله عن جسده كل داء وعافاه من جميع الأمراض والأوجاع ، ومن سقي منه امرأته ونام معها حملت بإذن الله تعالى “. ويشفي العينين ، ويزيل السحر ، يقطع البلغم ، ويزيل وجع الصدر والأسنان والتخم والعطش وحصر البول ، ولا يحتاج إلى حجامة ولا يحصى ما فيه من المنافع إلا الله تعالى ،.

BACA JUGA  Rasulullah Lakukan 4 Kali Ibadah Umrah di Bulan Dzulqa'dah

Artinya: “Faidah; “Diriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda: ”Jibril telah mengajariku satu obat, yang mana dengannya aku tidak perlu lagi pada obat lain dan dokter. Kemudian Abu Bakar, Umar, Utsman, aan Ali bertanya: ”Apakah obat itu wahai Rasulullah? Kami membutuhkannya”. Rasulullah Saw menjawab: ”Ambillah air hujan, lalu bacakan surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, dan Ayat Kursi, masing-masing 70 kali, dan diminum pada waktu pagi dan sore selama 7 hari, maka demi Dzat yang mengutusku dengan kebenaran sebagai seorang nabi, sungguh Jibril berkata kepadaku: ”Barang siapa minum dari air ini, maka Allah akan mengeluarkan dari tubuhnya segala penyakit dan menyembuhkannya dari segala penyakit dan kepedihan, dan barang siapa memberikan air ini pada istrinya, lalu menidurinya (berjima’), maka akan diberikan kehamilan dengan izin Allah Swt”. Dan juga air tersebut juga bisa menjadi obat mata, menghilangkan sihir, menghilangkan dahak, sakit dada, gigi, makan berlebihan, haus, dan tertahan kencing, tidak perlu berbekam. Dan tidak bisa menghitung manfaat air tersebut melainkan Allah.”

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan amalan Rasulullah agar sembuh dari segala penyakit adalah dengan mengambil air hujan kemudian dibacakan surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, dan Ayat Kursi, masing masing 70 kali, dan diminum pada waktu pagi dan sore selama 7 hari. Selain amalan tersebut dapat menyembuhkan segala penyakit, amalan dari Nabi Saw ini dapat juga digunakan agar segera cepat dikaruniai momongan. Caranya adalah dengan meminum air hujan yang telah dibacakan surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, dan Ayat Kursi, masing masing 70 kali, lalu melakukan hubungan badan dengan sang istri.

Demikian amalan Rasulullah agar sembuh dari segala penyakit, semoga bermanfaat Wallahu a’lam bissawab.

Oleh Ahmad Yaafi

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru