34.2 C
Jakarta

3 Alasan Nabi Isa Mendapat Julukan Al-Masih

Artikel Trending

Asas-asas IslamSirah Nabawiyah3 Alasan Nabi Isa Mendapat Julukan Al-Masih
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Salah satu dari enam rukun iman adalah iman kepada rasul utusan Allah. Salah satu rasul yang juga merupakan nabi yang wajib dipercayai oleh umat Islam adalah Nabi Isa AS. Nabi Isa adalah seorang dari yang penuh kasih dalam menyampaikan Risalah tuhan. Salah satu julukan yang disematkan Allah kepada Nabi Isa AS adalah Al-Masih. Dan berikut 3 Alasan beliau mendapat julukan Al-Masih.

Nabi Isa AS mendapat diberikan julukan Al-Masih ini langsung dari Allah SWT. Dalam Al-Quran, disebutkan bahwa bahwa penyebutan Nabi Isa sering dilekatkan dengan kata Al-Masih.

اِذْ قَالَتِ الْمَلٰۤىِٕكَةُ يٰمَرْيَمُ اِنَّ اللّٰهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِّنْهُۖ اسْمُهُ الْمَسِيْحُ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيْهًا فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِيْنَۙ

Artinya: “(Ingatlah), ketika para malaikat berkata, “Wahai Maryam! Sesungguhnya Allah menyampaikan kabar gembira kepadamu tentang sebuah kalimat (firman) dari-Nya (yaitu seorang putra), namanya Al-Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat, dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).” (QS. Ali- Imran [3] : 45).

Dalam ayat ini, sangat jelas bahwa malaikat penyampakatan pesan kepada Maryam bahwa ia akan diberi kabar gembira dengan hadirnya seorang anak yang bernama Isa Al-Masih. lantas kenapa Nabi Isa mendapat julukan Al-Masih.

BACA JUGA  Memasukkan Hikmah dan Iman, Mengapa Perlu Membelah Dada Nabi?

Sebenarnya ada banyak alasan kenapa Nabi Isa mendapatkan julukan tersebut. Namun setidaknya ada tiga alasan. Al-Masih (الْمَسِيْحُ) artinya secara bahasa adalah orang yang diusap. Adapun artinya secara istilah mempunyai 3 arti:

Pertama. Orang yang melakukan perjalanan di muka bumi untuk menyebarkan keberkahan dengan mengajarkan ilmu dan hikmah, serta mengobati orang-orang yang sakit. Allah berfirman;

وَّجَعَلَنِيْ مُبٰرَكًا اَيْنَ مَا كُنْتُۖ وَاَوْصٰنِيْ بِالصَّلٰوةِ وَالزَّكٰوةِ مَا دُمْتُ حَيًّا ۖ

“Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (melaksanakan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup.”  (QS. Maryam [19]: 31 )

Kedua, Orang yang mengusap para penderita penyakit buta, kusta dan penyakit-penyakit lainnya, sehingga mereka sembuh.

Ketiga, Orang yang diusap dengan keberkahan atau dengan minyak yang digunakan untuk mengusap para nabi. Minyak tersebut memiliki bau yang harum.

Perlu diketahui bahwa selain Nabi Isa, ada juga yang mendapat julukan Al-Masih yaitu Masih Ad Dajjal. Kenapa Dajjal mendapat julukan ini, karena beliau akan menguasai seluruh permukaan bumi, tidak ada satu jengkal tanah di bumi dari usapan Dajjal kecuali Makkah dan Madinah.

Demikianlah 3 alasan kenapa Nabi Isa mendapat julukan Al-Masih

Ahmad Khalwani, M.Hum
Ahmad Khalwani, M.Hum
Penikmat Kajian Keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru