29.6 C
Jakarta

Mengenal Bacaan Imalah dalam Al-Quran

Artikel Trending

Asas-asas IslamAl-Qur’anMengenal Bacaan Imalah dalam Al-Quran
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Bacaan Imalah..? Apa itu bacaan Imalah dalam Al-Quran..?. Bagi sebagian orang Islam mungkin sangat asing mendengar Imalah. Namun bagi orang yang sudah menguasai Ilmu Tajwid tidak akan pernah asing dengan istilah bacaan Imalah.

Perlu diketahui bahwa suatu kewajiban bagi umat Islam untuk belajar membaca dan memahami Al-Quran dengan baik dan benar. Dan salah satu ilmu yang harus dipelajari agar bisa membaca dan memahami Al-Quran dengan baik adalah Ilmu Tajwid. Ilmu Tajwid adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Seseorang yang tidak mempelajari ilmu Tajwid sudah bisa dipastikan akan salah dan keliru dalam membaca Al-Quran.

Apa Itu Bacaan Imalah Dalam Al-Quran…?

Salah satu bab yang perlu diketahui dalam Ilmu Tajwid adalah bacaan Imalah. Imalah secara bahasa adalah memiringkan atau membengkokkan. Sedangkan menurut istilah, Imalah yaitu memiringkan fathah kepada kasrah atau memiringkan alif kepada ya.

Dan perlu diketahui bahwa dalam bacaan Al-Quran yang terkenal dan digunakan diseluruh indonesia pada umumnya adalah baca Al-Quran dengan jalur sanad Imam Hafs. Dalam pandangan Imam Hafs ini, Bacaan Imalah dalam Al-Quran itu ada satu yaitu terletak pada surat Hud ayat 41

BACA JUGA  Benarkah Sebaik-baik Bekal Adalah Takwa?

وَقَالَ ارْكَبُواْ فِيْهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرىٰهَا وَمُرْسٰهَا إِنَّ رَبِّى لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: “Dan Nuh berkata: “Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya”. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Kata (مَجْرٰىهَا) pada ayat diatas adalah satu-satunya Bacaan Imalah dalam Al-Quran. Oleh karenanya ketika membaca kata ini harus diperhatikan dengan benar jangan sampai salah, yaitu dengan memiringkan fathah pada huruf ro’ (ر) kepada kasroh. Jadi cara membacanya tidak Majroha akan tetapi menjadi Majreha. Fathah yang dimiringkan kepada kasrah berubah seakan-akan menjadi suara e.

Dan agar bisa membaca Imalah secara baik, benar dan tepat sangat dianjurkan untuk belajar langsung kepada guru atau ustad yang menguasi Ilmu Tajwid.

Demikianlah sedikit pengetahuan tentang Imalah yang wajib diketahui saat membaca Al-Quran. Semoga dengan mengetahui bacaan ini kita akan bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar, Amin.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru