29 C
Jakarta

Tulisan Inspirasi di Sekitar Kita

Artikel Trending

KhazanahLiterasiTulisan Inspirasi di Sekitar Kita
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Inspirasi kehidupan bertebaran di sekitar kehidupan kita. Hal tersebut harus diakui sebagai bahan tulisan yang takkan pernah habis untuk dieksplorasi oleh seorang penulis. Kemudian muncul pertanyaan, mengapa inspirasi dari tokoh-tokoh atau orang yang memberi inspiratif perlu dituliskan ? Semua itu mesti dituliskan agar bisa memotivasi orang-orang untuk bisa mengikuti apa yang telah diperbuatnya dan sebagai penguat jiwa agar pembaca bisa belajar dari semuanya untuk bisa menjalani kehidupan secara lebih baik.

Teks inspiratif adalah sebuah bacaan tertulis yang bertujuan untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan, memotivasi, menambah semangat, dan rasa percaya diri untuk menghadapi dan menyelesaikan tantangan dalam hidup untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Atau dengan kata lain, teks inspiratif adalah bahan bacaan yang dapat memberi pembaca inspirasi atau petunjuk dalam menghadapai masalah hidupnya (Brainly).

Dengan demikian, tulisan inspiratif dari kisah-kisah inspirasi yang ada adalah sebuah karya  yang selalu dinantikan banyak orang. Kisah-kisah inspiratif seperti ini kadang membuat para pembaca kemudian tersadar setelah membacanya jika ia sebenarnya mampu melakukan seperti apa yang telah dilakukan tokoh atau orang dalam tulisan itu. Jadi ada semacam pelajaran yang dapat diambil dan menjadi lecutan bagi pembaca untuk bisa melakukan hal itu atau setidaknya bisa mengambil hikmah dari apa yang telah dibacanya.

Tentu saja, penulis yang mampu menangkap kisah-kisah inspiratif yang dilihatnya di lapangan serta mampu menuliskan dengan gaya bahasa yang enak dibaca, jelas merupakan sebuah langkah kerja keilmuan yang memberi manfaat untuk orang lain. Kepiawaian penulis di dalam menuliskan kisah-kisah yang mampu memberi inspirasi kepada pembaca diyakini akan mampu memengaruhi pembaca, hingga hatinya tertarik agar mengikuti apa yang tertuang dalam tulisan tersebut dan bisa mungkin dari sanapun muncul pula inspirasi-inspirasi lainnya.

Sesungguhnya kisah-kisah inspiratif ini bisa didapatkan dari tokoh-tokoh yang hidup di sekitar kita, orang yang telah mampu mengukir sejarah dalam bidang apapun, orang-orang yang diuji Allah penderitaan hebat tetapi kuat dan tegar menghadapinya,orang-orang yang melakukan pekerjaan unik tapi manfaatnya untuk banyak orang atau bisa juga orang yang berbuat kebaikan yang menjadi inspirasi bagi banyak orang. Sehingga dalam hal ini penulis tinggal mencari angle menarik mesti dituliskannya yang membuat pembaca semakin penasaran untuk membacanya.

Windy Cantika Aisah, peraih medali pertama di Olimpiade Tokyo 2020 ternyata menarik perhatian karena ia seorang gadis muda dengan kesungguhan mampu meraih pretasi yang membanggakan bangsa dan negara. Ada juga Gufron Lana,penjual bubur di Kota Bandung walaupun penghasilannya tak menentu tetapi ia mau berbagi dengan mengirimkan bubur yang dibuatnya untuk orang-orang yang sedang melakukan isolasi mandiri atau Doni Salmanan yang bagi-bagi uang sambal riding di Kota Bandung juga saat PPKM berlangsung dan tidak tertutup kemungkinan masih banyak lagi kisah-kisah inspiratif yang tak tercium oleh kita selama ini.

BACA JUGA  Sebuah Refleksi dari Sayaka Murata: Apa Gunanya Saya Menulis?

Hal ini menandakan begitu banyak sumber-sumber inspirasi yang bisa kita tuliskan. Medianya bisa melalui situs-situs yang bertebaran saat ini, media cetak atau dituliskan untuk sebuah buku yang memuat banyak tokoh-tokoh inspiratif sehingga kisah itu dapat tertuliskan secara baik dan tentunya walaupun telah sekian lama peristiwanya terjadi namun orang bisa kembali membacanya.

Dalam hal ini, penulis kisah inspiratif tidak sekedar menuliskan tentang kehidupan tokoh tersebut dengan apa yang telah dilakukannya melainkan lebih dari itu penulis pun menebarkan kebaikan agar pembaca menjadi paham jika hidup mesti dijalani dengan kesungguhan dan di dalam peristiwa yang terjadi sesungguhnya banyak hikmah yang dapatbdiambil.

Ernawati Lilys dalam blognya menjelaskan jika menulis bukanlah curahan hati saja melainkan sebuah ajakan agar pembaca bisa lebih baik lagi dengan belajar dari kisah yang telah dibacanya yang dituliskan oleh penulisnya. Tips darinya pilihlah tema yang menarik untuk kemudian dituliskan. Dengan tema menarik inilah maka pembaca akan tertarik untuk membacanya. Karena seorang penulis kisah inspiratif selain pandai menulis juga mesti mampu memlah bahan tulisannya dan mengerti mana tema yang sangat disukai oleh pembacanya.

Memang menjadi sebuah tantangan bagi para penulis kisah inspiratif ini karena ada semacam tuntutan untuk menceritakan pergulatan dan perjuangan dari tokoh atau orang yang dituliskannya. Dengan mampu menjelaskannya secara detail dan mampu mengambil tema yang menarik maka tulisan yang dihadirkan ke sidang pembaca akan lebih menarik dan menggugah pembaca yang membacanya dan dengan hal ini maka tentu saja tulisan tersebut memberi inspirasi kepada banyak orang.

Karenanya,  menuliskan kisah-kisah inspiratif secara teknis memang tak jauh beda dengan menuliskannya seperti tulisan-tulisan lainnya. Namun pada penulisan kisah inspiratif ini penulis jelas dituntut kepekaan rasa dan perlu memiliki wawasan yang luas karena harus mampu menceritakan sosok yang dilihatnya agar sesuai dengan kenyataannya.

Penggembaran sosok, kisah yang dijalani dan perjuangan yang dilakukannya akan menjadi menarik saat penulis berhasil “meng-copy paste” persis dengan kehidupan tokoh atau orang yang menjadi inspirasi itu.  Sehingga penulis perlu terus mengasah dirinya untuk bisa menulis kisah inspiratif itu secara baik melaluli Latihan yang dilakukannya setiap waktu.

Oleh sebab itu, kesempatan menuliskan kisah-kisah inspiratif itu harus dimanfaatkan sedemikian rupa karena kisah-kisah ini banyak dinantikan oleh para pembaca, dan penulis yang menuliskan kisah itu menebarkan semangat agar pembaca bisa mengambil hikmah dan semoga bsia mengubah kehidupannya ke arah yang lebih baik.

Deffy Ruspiyandyhttps://www.www.harakatuna.com/
Penulis artikel di berbagai media massa cetak dan online, Penulis ide cerita di beberapa TV Swasta, bermukim di Bandung.

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru