28.2 C
Jakarta

BNPT RI Resmikan Desa Siapsiaga Kuripansari Mojokerto untuk Tangkal Radikalisme

Artikel Trending

AkhbarDaerahBNPT RI Resmikan Desa Siapsiaga Kuripansari Mojokerto untuk Tangkal Radikalisme
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Mojokerto – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) meresmikan Desa Kuripansari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur sebagai Desa Siapsiaga, pada Kamis (14/12). Dengan diresmikannya Desa Siapsiaga ini, BNPT berharap pemerintah dapat meredam perkembangan paham radikalisme dan terorisme di tanah air dari level terkecil yaitu dari desa.

“Kita ketahui bersama bahwa radikalisme terorisme masih masif berkembang di tanah air, harapan kita bisa meredam radikalisme dan teroris di tanah air terutama mulai dari level yang terkecil mulai dari desa,” jelas Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT RI, Irjen Pol. Ibnu Suhaendra, S.I.K saat meresmikan Desa Siapsiaga Kuripansari pada Kamis (14/12).

Sementara itu, Bupati Mojokerto, Dr. Ikfina Fahmawati, M.Si menyatakan bahwa dirinya akan melakukan pembinaan secara terintegrasi terhadap kegiatan Desa Siapsiaga. Pihaknya berharap agar Desa Kuripansari dapat menjadi percontohan bagi desa lain dalam hal pencegahan radikalisme terorisme.

BACA JUGA  Jelang World Water Forum Ke-10 di Bali, BNPT Gelar Operasi Intelijen

“Kita akan integrasikan kegiatan ini dalam pembinaan kita terhadap desa, bagaimana kemudian nanti Kuripansari ini bisa menjadi desa percontohan dalam hal pencegahan mitigasi dan kemudian tindakan dini terhadap ancaman terorisme,” ungkap Bupati Mojokerto.

Peresmian Desa Kuripansari sebagai Desa Siapsiaga ditandai dengan deklarasi kesiapsiagaan nasional oleh perwakilan unsur masyarakat desa setempat. Sebagai rangkaian dari peresmian desa siapsiaga, sebelumnya BNPT RI bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto juga telah menggelar pelayanan kesehatan untuk warga Desa Kuripansari, yaitu donor darah, pemeriksaan katarak, pemeriksaan dan pengobatan gratis pada Rabu (13/12).

Melalui rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat di desa siapasiaga, sehingga masyarakat memiliki ketahanan dalam menangkal penyebaran radikalisme terorisme di lingkungannya.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru