31.7 C
Jakarta

Senator NTT Kuatkan Wawasan Kebangsaan Kaum Muda

Artikel Trending

AkhbarDaerahSenator NTT Kuatkan Wawasan Kebangsaan Kaum Muda
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Kupang – Anggota MPR sekaligus DPD RI Abraham Liyanto mengingatkan pentingnya wawasan kebangsaan bagi kaum muda. Hal itu agar tidak mudah terpengaruh oleh ideologi lain yang masuk di negara ini.

“Kaum muda adalah penerus bangsa ini. Kalau wawasan kebangsaannya rendah, mau di bawa kemana bangsa ini,” kata Abraham dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR di Kupang, Kamis (11/2/2021).

Ia menjelaskan saat ini, banyak sekali ideologi yang masuk ke negara ini. Ada radikalisme, terorisme, kapitalisme, dan komunisme. Kemudian ada pengaruh budaya luar yang begitu gencar masuknya. Misalnya budaya Barat, Korea, Cina dan sebagainya. Semua hal itu menjadi penyakit bagi kebangsaan kita

“Coba lihat, anak-anak muda banyak gandrung terhadap film Korea atau artis-artis Korea. Itu sih memang tidak dilarang, tetapi jika lebih mencintai budaya Korea daripada budaya sendiri, itu kan bahaya,” ujar anggota Komite I DPD ini.

BACA JUGA  Densus 88 Ajak Eks Napi Terorisme Beri Edukasi Bahaya Radikalisme di Sekolah

Dia mengingatkan yang sudah jelas mengganggu paham kebangsaan adalah ideologi radikalisme atau terorisme. Mereka membawa paham khilafah untuk mengganti ideologi Pancasila yang ada di negara.

“Pengikut paham khilafah ini sudah ada di negara ini dan banyak. Beruntung negara sudah bubarkan. Tapi banyak anak mudah yang sudah terpengaruh dengan ideologi ini. Ini sangat mengkhawatirkan bagi bangsa ini,” tutur Abraham.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi Empat Pilar adalah bagian dari upaya melawan paham-paham dari luar. Dengan memperkuat pemahaman tentang Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia semakin kokoh akan kebanggan dan kecintaan terhadap negaranya.

“Kegiatan ini untuk melawan paham-paham radikal dan lain-lain. Generasi muda harus berada di depan untuk melawan paham-paham itu, bukan sebaliknya,” tutup Abraham.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru