31.1 C
Jakarta

Puasa Muharam, Puasa Terbaik Setelah Puasa Ramadan

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahPuasa Muharam, Puasa Terbaik Setelah Puasa Ramadan
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru Islam. Tepatnya pada tanggal 30 Juli 2022 kita akan memasuki tahun bau Islam 1 Muharam 1444 H. Dalam Islam, Muharam adalah bulan yang mulia, oleh karenanya beribadah pada bulan ini akan mendapat pahala yang berlimpah. Bahkan diterangkan puasa di bulan Muharam adalah puasa terbaik setelah puasa Ramadan

Dalam hadisnya, Nabi Muhammad menerangkan bahwa puasa Muharam itu termasuk puasa terbaik

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعدَ الفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ. (رواه مسلم)

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardu adalah shalat malam”.

Begitu mulianya puasa di bulan Muharam ini, umat Islam sangat dianjurkan untuk berpuasa pada bulan ini. Selain menjadi puasa terbaik setelah puasa Ramadan, Rasulullah menerangkan juga bahwa pahala puasa satu hari di bulan Muharam sama dengan puasa 30 hari.

BACA JUGA  3 Orang Yang Doanya Tiada Pernah Tertolak

   عَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ كَاَن لَهُ كَفَارَةً سَنَتَيْنِ، وَمَنْ صَامَ يَوْمًا مِنَ الْمُحَرَّمِ فَلَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ ثَلَاثُونَ يَوْمًا. (رواه الطبراني

Artinya: “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda. “Orang yang berpuasa pada hari Arafah maka menjadi pelebur dosa dua tahun. Dan orang yang berpuasa sehari dari bulan Muharram maka baginya sebab puasa setiap sehari pahala 30 hari puasa”.

Selain itu, jika kita puasa pada tanggal 10 Muharam, maka dosa satu tahun yang telah lewat akan dilebur oleh Allah. Nabi Muhammad bersabda

Artinya: “Sungguh Rasulullah SAW bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu menjawab: Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat. [HR Muslim].

Semoga kita semua diberi hidayah oleh Allah untuk bisa berpuasa di bulan Muharam, Amin.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru