25.4 C
Jakarta

Polda Lampung Ajak Masyarakat Tangkal Bahaya Radikalisme

Artikel Trending

AkhbarDaerahPolda Lampung Ajak Masyarakat Tangkal Bahaya Radikalisme
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Bandar Lampung – Polda Lampung mengajak masyarakat menangkal serta memperkuat pemahaman mengenai bahaya paham radikalisme dan terorisme.

“Upaya untuk memperkuat pemahaman sampai ke tingkat rukun tetangga (RT) diyakini dapat menangkal paham radikalisme di lapisan terendah dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan, jika ada gerak gerik masyarakat yang mencurigakan untuk segera dilaporkan ke perangkat RT, lurah ataupun pamong setempat.

“Kita harap lapor jika ada masyarakat yang mencurigakan, kemudian ada tamu sampai melebihi batas perlu lapor RT setempat,” ujarnya.

Pandra mengatakan, masyarakat dengan ketidakstabilan emosi kerap dimanfaatkan untuk dimasukkan ideologi radikalisme.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemahaman sejak dini tentang bahaya radikalisme perlu ditanamkan.

BACA JUGA  Pemkot Surabaya Bentuk Organisasi Pemuda Lintas Agama untuk Cegah Radikalisme

Menurutnya, pemahaman itu pertama kali dari lingkungan keluarga dan kemudian lingkungan pendidikan yaitu sekolah, dan sosialisasi langsung di tengah masyarakat.

“Jangan sampai anggota keluarga ini ikut kegiatan yang mengarah pada kejahatan termasuk terorisme. Peran pendidikan dari keluarga oleh orang tua, ayah dan ibu, ini pertahanan yang utama,” kata Pandra.

Sementara itu, Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center, Ken Setiawan mengapresiasi Tim Densus 88 yang sigap menindak terhadap tujuh terduga terorisme di Lampung.

Tiga orang sebelumnya yang telah ditangkap yakni SU (61) di Pesawaran, SK (59) di Lampung Selatan, dan DRS (47) di Pringsewu. Empat selanjutnya adalah NA (42) S (47), F (37), dan AA (42).

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru