28.3 C
Jakarta

Menuju Tahun 2023, Ini Doa Yang Harus Dibaca Umat Islam

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahMenuju Tahun 2023, Ini Doa Yang Harus Dibaca Umat Islam
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Doa adalah senjatanya orang beriman, tiangnya agama, serta cahaya bagi langit dan bumi”. Begitulah bunyi sabda Nabi Muhammad. Islam sebagai agama yang syumul, kaffah dan menyeluruh selalu mengajarkan pemeluknya berbagai doa dalam setiap aktivitas kehidupannya. Bahkan mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali tak pernah luput dari doa-doa. Tidak ketinggalan, Islam juga mengajarkan pemeluknya doa awal tahun 2023 dan doa akhir tahun 2022 sebagai senjata yang merupakan refleksi tahun sebelumnya dan resolusi untuk tahun berikutnya.

Tahun 2022 segera usai, tentu banyak hal-hal yang telah dicapai, namun juga tidak sedikit hal-hal yang belum bisa diraih. Menjelang tahun baru 2023, sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah, atas limpahannya kita bisa melalui dan masih diberi umur untuk beribadah di tahun 2022. Dan Semoga di tahun 2023 nanti, Allah melimpahkan rahmatnya sehingga kita bisa meraih apa-apa yang direncanakan. Dan tak kalah penting semoga Allah memberikan kita kekuatan untuk senantiasa menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya

Doa Akhir Tahun 2022 Menuju Tahun 2023

Berikut doa yang dibaca di akhir tahun sebelum menuju tahun 2023

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ, وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ ,اَلَّلهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي السَّنَةِ المَاضِيَةِ وَلَمْ تَرْضَهُ، وَنَسِيْتُهُ وَلَمْ تَنْسَهُ، وَحَلُمْتَ عَنِّيْ مَعَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ؛ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَاءَتِيْ عَلَيْكَ, اَلَّلهُمَّ إِنِّي أَسْتَغْفِرُكَ مِنْهُ فَاغْفِرْ لِيْ اَلَّلهُمَّ وَمَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ وَالغُفْرَانَ فَتَقَبَّلْهُ مِنِّيْ، وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ؛ وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Artinya: Atas nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan keselamatan bagi baginda Nabi Muhammad saw beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, amal yang telah kuperbuat selama satu tahun ini dan engkau tidak meridai, aku pun telah lupa akan hal itu padahal engkau tidak melupakannya. Engkau mengasihaniku padahal engkau mampu untuk menghukumku, engkau memerintahkanku untuk bertobat padahal aku telah berbuat lancang pada-Mu. Ya Allah, aku memohon ampun dari semua yang telah kuperbuat, ampunilah aku. Ya Allah, terimalah amalku yang engkau ridai dan yang engkau janjikan pahala dan ampunan didalamnya. Wahai Dzat yang paling penyayang dan maha mulia, jangan engkau sia-siakan harapanku. Semoga Allah swt mencurahkan rahmat dan keselamatan bagi baginda Nabi Muhammad saw beserta keluarga dan sahabatnya.

Doa Awal Tahun 2023

Setelah membaca doa akhir tahun, maka setelah menginjakkan kaki tahun baru 2023. Bacalah doa awal tahun sebagai berikut

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَمْلَأُ خَزَائِنَ اللهِ نُوْرًا، وَتَكُوْنُ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ فَرَجًا وَفَرَحًا وَسُرُوْرًا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. اَلَّلهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيْمُ الأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمُ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ العَمِيْمِ المُعَوَّلِ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالِاشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.   

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, segala puji hanya milik Allah yang mengatur alam semesta. Ya Allah, curahkanlah rahmat dan keselamatan atas baginda Nabi Muhammad saw beserta keluarga dan sahabatnya yang dapat memenuhi seluruh alam dengan cahaya, dan menjadi kegembiraan dan kebahagiaan bagi kami dan umat Islam. Ya Allah, engkaulah yang maha abadi dan pertama kali. Dengan karunia-Mu yang agung dan kemurahan-Mu yang selalu diharapkan, inilah tahun baru telah datang. Aku memohon perlindungan untuk tahun ini dari godaan setan dan pengikutnya. Serta memohon pertolongan dari nafsu yang terus mendorong pada kejahatan. Bantulah aku untuk berbuat amal yang dapat mendekatkan pada-Mu. Wahai Dzat yang maha mulia. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan keselamatan atas baginda Nabi Muhammad saw beserta keluarga dan sahabatnya”.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian Keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru