27.1 C
Jakarta

Empat Hal Yang Membuat Ilmu Kita Tidak Bermanfaat

Artikel Trending

Mencari ilmu bagi orang Islam hukumnya adalah wajib. Hal ini ditegaskan melalui sabda Nabi Muhammad yang berbunyi “Mencari ilmu merupakan kewajiban bagi orang Islam baik laki-laki maupun perempuan”.

Banyak sekali keistimewaan para pencari Ilmu, dalam Al-Quran sendiri disebutkan bahwa Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu. Karena keistimewaan ini, bahkan orang Islam sangat dianjurkan untuk mencari ilmu walaupun harus sampai ke Negeri China, begitulah sabda Nabi Muhammad.

Para mencari ilmu selalu berharap kepada Allah SWT semoga ilmu yang didapatkan akan bermanfaat baik untuk dirinya, agamanya, bangsanya, negaranya dan masyarakat tentunya. Seorang bijak bestari yang juga merupakan kekasih Allah, Syeikh Abu Hasan As-Syadzili menyatakan tidak akan bermanfaat ilmu seseorang selama masih dibarengi dengan empat hal, yaitu

1, Cinta Dunia

Cinta dunia merupakan pangkal dari segala kerusakan yang ada di dunia ini, Nabi Muhammad bersabda

حب الدنيا رأس كل خطيئة

Artinya: “Cinta dunia merupakan pangkal dari kerusakan dan kesalahan”. [HR. Baihaki].

Orang yang sudah cinta dunia biasanya dan kebanyakan akan lupa kepada kehidupan akhirat. Mereka yang sudah terlenakan dengan cinta dunia akan terus menerus mengejar dunia. Mereka menyangka bahwa harta dunia bisa membuatnya abadi, padahal tidak, justru harta benda akan menghancurkannya seperti kisah Qorun.

Dalam Al-Quran sendiri orang telah cinta dunia akan terus mengejar harta benda dan yang bisa menghentikan semua itu adalah kematian. Padahal sebagaimana diketahui bahwa dunia adalah tempat sementara dan akhirat adalah tempat keabadian.

Dengan demikian orang yang masih memiliki sifat cinta dunia ilmu tidak akan bermanfaat karena ilmu yang dimiliki akan kalah dengan godaan dunia berupa uang pangkat dan jabatan.

BACA JUGA  Pentingnya Mendoakan Seorang Pemimpin

2, Lupa Kehidupan Akhirat.

Ilmu yang dimiliki seseorang tidak akan bermanfaat apabila dalam hatinya ada rasa lalai terhadap kehidupan akhirat. Lupa terhadap akhirat ini diawali dengan rasa cinta kepada dunia yang berlebihan.

Sejatinya hadirnya agama Islam di dunia ini selain untuk menyempurnakan ahlak juga untuk memberi tahu manusia akan kehidupan yang abadi. Sehingga orang yang hidup didunia ini bisa menahan untuk berbuat maksiat karena setiap hal yang dilakukan akan dimintai pertanggung jawaban.

3, Takut Akan Kemiskinan

Ilmu yang dimiliki seseorang juga tidak akan pernah bermanfaat apabila dalam dirinya juga bersemayan rasa takut akan kemiskinan. Pada umumnya orang yang takut miskin akan melakukan segala hal yang menjadikanya kaya. Ia tidak lagi mempedulikan lagi mana batasan halal dan haram dalam mencari rezeki. Padahal mencari harta yang halal adalah kewajiban bagi setiap orang Islam.

BACA JUGA  Pemuda Yang Mendapat Pertolongan Allah

Jika telah demikian, bagiamana mungkin ilmunya akan bermanfaat apabila ia menerjang ketentuan-ketentuan yang telah diatur agama…?

4, Takut Kepada Manusia

Orang yang takut kepada manusia biasanya ilmunya juga tidak bermanfaat. Biasanya orang seperti ini akan tunduk kepada ketentuan-ketentuan manusia lainnya, sehingga ilmu yang dimilikinya akan kalah tunduk dengan ketentuan-ketentuan manusia.

Orang yang takut pada manusia sudah tentu akan melakukan sesuatu yang diridhoi oleh manusia. Padahal mencari ridho atau kesenangan manusia terhadap dirinya adalah hal yang mustahil.

Demikian empat hal yang apabila dimiliki oleh orang yang berilmu, ilmunya tidak akan pernah bermanfaat. Semoga Allah selalu memberkahi ilmu yang kita miliki dan menjauhkan dari empat hal ini, Amin.

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru