34.2 C
Jakarta

Diberi Cobaan Sakit, Berobatlah Dengan Surat Al-Fatihah

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahDiberi Cobaan Sakit, Berobatlah Dengan Surat Al-Fatihah
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Salah satu cobaan yang pasti dirasakan oleh setiap manusia adalah cobaan berupa sakit, baik itu sakit ringan maupun sakit berat. Tentu orang yang diberikan cobaan sakit, harus senantiasa berikhtiar untuk berobat dan berdoa agar diberikan kesehatan lagi. Selain dengan berobat, Islam juga menganjurkan orang yang sakit untuk membaca doa, salah satunya dengan membaca surat Al-Fatihah.

Dalam sebuah riwayat hadis, Rasulullah menyetujui (taqriri) perbuatan sahabat yang menggunakan surat Al-Fatihah untuk berobat (ruqyah). 

أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانُوا فى سَفَرٍ فَمَرُّوا بِحَىٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ فَاسْتَضَافُوهُمْ فَلَمْ يُضِيفُوهُمْ. فَقَالُوا لَهُمْ هَلْ فِيكُمْ رَاقٍ فَإِنَّ سَيِّدَ الْحَىِّ لَدِيغٌ أَوْ مُصَابٌ. فَقَالَ رَجُلٌ مِنْهُمْ نَعَمْ فَأَتَاهُ فَرَقَاهُ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فَبَرَأَ الرَّجُلُ فَأُعْطِىَ قَطِيعًا مِنْ غَنَمٍ فَأَبَى أَنْ يَقْبَلَهَا. وَقَالَ حَتَّى أَذْكُرَ ذَلِكَ لِلنَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم-. فَأَتَى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ. فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَاللَّهِ مَا رَقَيْتُ إِلاَّ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ. فَتَبَسَّمَ وَقَالَ « وَمَا أَدْرَاكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ ». ثُمَّ قَالَ « خُذُوا مِنْهُمْ وَاضْرِبُوا لِى بِسَهْمٍ مَعَكُمْ »

Artinya: “Bahwa ada sekelompok sahabat Rasulullah dahulu berada dalam safar, lalu melewati suatu perkampungan Arab. Saat itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung tersebut enggan untuk menjamu. Penduduk kampung tersebut lantas berkata kepada para sahabat yang mampir, “Apakah di antara kalian ada yang bisa meruqyah (melakukan pengobatan dengan membaca ayat-ayat Al-Qur’an) karena pemimpin kampung ini tersengat binatang atau terserang demam.”

BACA JUGA  4 Golongan Manusia Yang Dirindukan Surga

Di antara para sahabat lantas berkata, “Iya, ada.” Lalu, salah seorang sahabat pun mendatangi pemimpin kampung tersebut dan ia mengobatinya dengan membaca surah Al-Fatihah. Akhirnya, pemimpin kampung tersebut sembuh. Lalu, yang membacakan ruqyah tadi diberikan seekor kambing, namun ia enggan menerimanya, ia mau menerima sampai kisah tadi diceritakan pada Nabi Muhammad

Lalu, ia mendatangi Nabi dan menceritakan kisahnya tadi pada beliau. Ia berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah, kecuali dengan membaca surah Al-Fatihah saja.” Rasulullah lantas tersenyum dan berkata, “Bagaimana engkau bisa tahu Al-Fatihah adalah ruqyah?” Nabi Muhammad bersabda, “Ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian.” (HR. Bukhari)

Berdasarkan keterangan hadis ini, maka jika ada seseorang yang diberikan cobaan sakit, selain berikhtiar berobat ke dokter juga alangkah lebih baiknya berobat dengan surat Al-Fatihah. Wallahu A’lam Bishwoab

Ahmad Khalwani, M.Hum
Ahmad Khalwani, M.Hum
Penikmat Kajian Keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru