30.8 C
Jakarta

Tiga Golongan Umat Islam Dalam Al-Quran

Artikel Trending

Asas-asas IslamAl-Qur’anTiga Golongan Umat Islam Dalam Al-Quran
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Umat Islam adalah umat manusia yang mengikuti ajaran Rasulullah, Muhammad Saw berdasarkan Al-Quran dan Sunah. Umat Islam ini adalah umat yang paling beruntung, karena dengan mengikuti ajaran Nabi Muhammad, Umat Islam berhak mendapatkan Surga di akhirat kelak. Perlu diketahui bahwa umat Islam ini terbagi tiga golongan berdasarkan Al-Quran. Dan Berikut tiga golongan umat Islam dalam Al-Quran.

Dalam Al-Quran, Surat Al-Fatir ayat 32 diterangkan mengenai tiga golongan umat Islam ini.

ثُمَّ أَوۡرَثۡنَا ٱلۡكِتَٰبَ ٱلَّذِينَ ٱصۡطَفَيۡنَا مِنۡ عِبَادِنَا فَمِنۡهُمۡ ظَالِمٌ لِّنَفۡسِهِۦ وَمِنۡهُم مُّقۡتَصِدٌ وَمِنۡهُمۡ سَابِقٌۢ بِٱلۡخَيۡرَٰتِ بِإِذۡنِ ٱللَّهِ ذَٰلِكَ هُوَ ٱلۡفَضۡلُ ٱلۡكَبِيرُ

Artinya: “Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.”

BACA JUGA  Dua Surat Yang Dapat Memperlancar Rezeki Berdasarkan Sunnah Nabi

Berdasarkan Tafsir Kemenag, maksud hamba-hamba yang terpilih yang mendapat kitab di atas adalah Umat Islam atau Umat Nabi Muhammad. Berikut penjelasan lengkap tiga golongan umat Islam merujuk tafsir Ibnu Kasir.

Pertama adalah orang yang menganiaya diri mereka sendiri (فَمِنۡهُمۡ ظَالِمٌ لِّنَفۡسِهِ)ۦ. Yaitu orang-orang yang tidak perhatian dalam melaksanakan sebagian kewajiban, serta bergelimang dengan sebagian yang diharamkan.

Kedua adalah orang yang pertengahan (وَمِنۡهُم مُّقۡتَصِد). Yaitu orang yang menunaikan kewajiban dan meninggalkan yang diharamkan, walaupun terkadang meninggalkan sebagian yang dianjurkan dan melaksanakan sesuatu yang dimakruhkan.

Ketiga adalah orang yang mendahulukan kebaikan atas izin Allah (وَمِنۡهُمۡ سَابِقٌۢ بِٱلۡخَيۡرَٰتِ بِإِذۡنِ ٱللَّهِ). Yaitu orang yang melakukan kewajiban dan hal-hal yang dianjurkan, serta meninggalkan hal yang diharamkan, yang dimakruhkan dan sebagian yang mubah.

Semoga dengan mengetahui ini, kita sebagai Umat Islam digolongkan ke dalam golongan yang ketiga yaitu golongan yang selalu mendahulukan kebaikan. Dan semoga juga dijauhkan untuk menjadi golongan pertama. Amin.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru