25 C
Jakarta

Ini Doa Yang langsung Diaminkan Malaikat

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahIni Doa Yang langsung Diaminkan Malaikat
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Kita semua sudah terbiasa mendengarkan seseorang meminta doa. Seperti doakan saya sukses, doakan saya lulus, doakan saya bahagia, doakan saya selamat dan lain sebagainya. Doa adalah senjata orang beriman, begitulah Nabi Bersabda. Orang mukmin akan menjadi kuat dengan doa-doa yang dipanjatkan. Oleh karenanya wajib bagi setiap orang beriman untuk selalu memanjatkan doa. Dan perlu diketahui ada doa yang langsung diaminkan oleh Malaikat lo, doa apa itu.?

Nabi Muhammad bersabda, bahwa doa yang langsung diaminkan adalah doa yang dipanjatkan seseorang untuk saudaranya atau untuk orang lain secara diam-diam.

حَدَّثَنَا رَجَاءُ بْنُ الْمُرَجَّى حَدَّثَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ أَخْبَرَنَا مُوسَى بْنُ ثَرْوَانَ حَدَّثَنِي طَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ كَرِيزٍ حَدَّثَتْنِي أُمُّ الدَّرْدَاءِ قَالَتْ حَدَّثَنِي سَيِّدِي أَبُو الدَّرْدَاءِ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا دَعَا الرَّجُلُ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ قَالَتْ الْمَلَائِكَةُ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Artinya: “Telah menceritakan kepada Kami Raja` bin Al murajji telah menceritakan kepada Kami An Nadhr bin Syumail. Dan telah mengabarkan kepada Kami Musa bin Tsarwan telah menceritakan kepadaku Thalhah bin ‘Ubaidullah bin Kariz. Telah menceritakan kepadaku Ummu Ad Darda`, ia berkata; telah menceritakan kepadaku suamiku Abu Ad Darda` bahwa ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda: “Apabila seseorang mendoakan saudaranya secara sembunyi-sembunyi maka Malaikat akan berkata, Aamiin, dan semoga engkau mendapatkan hal yang sama.” [HR. Abu Dawud]

BACA JUGA  Empat Pertanggungjawaban Manusia Dihadapan Tuhan

Dalam hadis lain juga disebutkan

مَنْ دَعَا لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Artinya: “Barang siapa yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) yang berjauhan, melainkan malaikat akan berkata, “Amiin dan bagimu kebaikan yang sama.” [HR. Muslim].

Kita semua mengetahui bahwa doa malaikat adalah mustajab, siapa si orang yang tidak ingin doanya langsung diaminkan oleh malaikat?. Oleh karena yang demikian doakanlah saudaramu, temanmu, sahabatmu, keluargamu secara diam-diam, “Semoga kebaikan selalu menyertai mereka”. Karena doa yang demikian langsung diaminkan oleh malaikat. Wallahu A’lam Bishowab.

Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru