27.1 C
Jakarta

Hati-Hati, Ini 10 Orang Yang Tertolak Sholatnya

Artikel Trending

Sholat adalah tiang agama Islam. Dengan pengertian ini maka orang Islam yang tidak melaksanakan sholat bisa dikatakan telah merobohkan sendi-sendi agama. Sholat dalam agama Islam merupakan amal ibadah yang paling penting tanpa menafikan amal ibadah yang lain. Karena pentingnya sholat, sholat menjadi amal yang pertama kali dihisab di akhirat. Namun demikian, walaupun telah melaksanakan sholat, kita patut hati-hati dan waspada terhadap 10 orang yang tertolak sholatnya.

Kewasapadaan sebagai orang muslim ini terhadap 10 orang yang tertolak sholatnya ini penting. Hal ini bertujuan agar kita bisa menyempurnakan ibadah sholat sesuai ilmu dan ketentuanya serta tidak menyepelekan ibadah sholat.

Kewaspaadaan terhadap ibadah sholat ini juga telah diserukan dalam Al-Quran. QS Al-Maun Ayat 4-5 menyebutkan celakalah orang-orang yang sholat yaitu orang-orang yang lalai terhadap sholatnya. Oleh karena hal yang demikian kita patut waspada jangan sampai sholat yang kita lakukan malah menjadikan kita celaka dan apalagi sampai tertolak dan tidak diterima.

Berikut 10 Orang Yang Tertolak Sholatnya

Nabi Muhammad bersabda bahwa ada 10 orang yang tertolak sholatnya atau tidak diterima sholatnya. Mereka adalah

Satu, orang yang melaksanakan sholat sendirian tanpa membaca bacaan sholat (Al-Fatihah). Oleh karenanya bagi orang yang belum bisa melaksanakan sholat atau sangat dianjurkan untuk mengikuti sholat berjamaah. Karena dalam pandangan Imam Madhab sholatnya ma’mum yang tidak membaca Al-Fatihah tetap disah.

BACA JUGA  Beginilah Bentuk dan Wajah Ahli Maksiat di Akhirat

Kedua, termasuk dari 10 orang yang tertolak sholatnya adalah orang yang tidak membayarkan zakat.

Ketiga, orang yang menjadi imam suatu sholat, sementara ma’mumnya tidak menyukainya.

Keempat, budak, baik laki-laki maupun perempuan yang melarikan diri dari tuannya.

Kelima, orang yang suka memimun arak dan khomr.

Keenam, istri yang bermalam sementara suaminya murka dan tidak ridho kepadanya.

Ketujuh, perempuan merdeka yang sholat tanpa mengenakan khimar, penutup kepala. Hal ini karena dalam beberapa pandangan ulama, perempuan yang sholat dan masih keliatan rambutnya maka sholatnya tidak sah.

BACA JUGA  Gaya Hidup Zuhud di Zaman Modern, Mungkinkah?

Kedelapan, pemakan riba. Riba adalah salah satu perbuatan yang sangat keras dilarang dalam Al-Quran. Oleh karenanya bagi orang yang menginginkan sholatnya diterima maka jauhilah praktek-praktek riba.

Kesembilan, pemerintah yang zalim. Ini dikhusukan bagi orang-orang yang menjadi abdi negara dan mempunyai tugas melayani umat akan tetapi menyelewengkan jabatannya dan mebuat susah umat.

Kesepuluh, orang yang sholatnya tidak menghindarkan dari perbuataan keji dan mungkar.

Demikianlah 10 orang yang tertolak sholatnya yang perlu diketahui. Hal ini bukan untuk menakut-nakuti akan tetapi membuat kita waspada terhadap amal sholat yang menjadi tiang agama. Wallahu A’lam Bishowab.

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru