34.1 C
Jakarta

Tiga Peringatan Malaikat Jibril Yang Diaminkan Rasulullah

Artikel Trending

Asas-asas IslamTasawufTiga Peringatan Malaikat Jibril Yang Diaminkan Rasulullah
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Saat ini, telah memasuki 10 hari akhir bulan suci Ramadhan. Dengan akan berakhir bulan yang penuh ampunan ini, kita semua berharap ketika Ramadhan berakhir dosa kita telah diampuni. Ketika memasuki akhir bulan Ramadhan ini, perhatikanlah 3 peringatan Malaikat Jibril yang diaminkan oleh Rasulullah.

Dikisahkan ketika akan menaiki mimbar untuk berkhotbah, setiap menaiki anak tangga Rasulullah mengucapkan amin. Usut punya usut ternyata Rasulullah sedang mengaminkan peringatan Malaikat Jibril. Kisah lengkap simak hadis berikut ini:

صعِد رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم المنبرَ فلمَّا رقِي عَتبةً قال: ( آمينَ ) ثمَّ رقي عتبةً أخرى فقال: ( آمينَ ) ثمَّ رقي عتبةً ثالثةً فقال: ( آمينَ ) ثمَّ قال: ( أتاني جبريلُ فقال: 

Artinya: “Rasulullah naik ke atas mimbar, ketika beliau naik ke atas tangga, beliau berkata amin. Lalu beliau naik lagi ke atas tangga (tingkat kedua) dan berkata amin. Dan lalu beliau naik lagi ke atas tangga (tingkat ketiga) dan berkata amin. Lalu beliau berkata, Jibril datang kepadaku dan berkata seraya memberikan peringatan pada anak tangga yang pertama.

BACA JUGA  Suka Melihat Senja Di Sore Hari, Ini Manfaat Melihat Langit Menurut Ulama

 شَقِيَ عَبْدٌ أَدْرَكَ رَمَضَانَ، فَانْسَلَخَ مِنْهُ وَلَمْ يُغْفَرْ لَهُ

Artinya: “Celaka orang yang menjumpai Ramadhan dan melewatinya tapi dosa-dosanya tidak diampuni”. Setelah itu diaminkan Rasulullah. Kemudian pada anak tangga kedua, Malaikat Jibril memberi peringatan

 شَقِيَ عَبْدٌ أَدْرَكَ وَالِدَيْهِ أَوْ أَحَدَهُمَا فَلَمْ يُدْخِلَاهُ الْجَنَّةَ

Artinya: “Celaka orang yang menjumpai kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya tapi hal itu tidak bisa memasukkannya ke surga”. Maka aku mengucapkan “amin”. Pada tangga ketiga Jibril berkata: 

 شَقِيَ عَبْدٌ ذُكِرْتَ عِنْدَهُ وَلَمْ يُصَلِّ عَلَيْكَ

Artinya: “Celaka orang yang ketika namamu disebut di dekatnya, tapi ia tidak bershalawat padamu”.

Dari hadis ini, semoga kita semua bisa memperhatikan 3 peringatan malaikat Jibril yang diaminkan Rasulullah, terlebih saat ini sedang memasuki akhir dari bulan Ramadhan. Semoga ketika Ramadhan berakhir kita bagaikan bayi yang baru lahir bersih tanpa noda kekhilafan, Amin.

Ahmad Khalwani, M.Hum
Ahmad Khalwani, M.Hum
Penikmat Kajian Keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru