27.2 C
Jakarta

BNPT Ajak Semua Pihak Perangi Propaganda Terorisme yang Ancam Pemilu

Artikel Trending

AkhbarDaerahBNPT Ajak Semua Pihak Perangi Propaganda Terorisme yang Ancam Pemilu
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Semarang – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak semua pihak untuk terus memerangi propaganda terorisme. Hal ini dapat mengancam keamanan dan kedamaian pelaksanaan pemilu tahun 2024.

Kepala BNPT RI, Komjen Pol. Prof. Dr. H. Muhammed Rycko Amelza Dahiel, M.Si., menegaskan akan mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan pemilu. BNPT juga akan mengajak eks napiter jaga keamanan sesuai tugas dan fungsi BNPT.

“Di Jawa Tengah ini, kami ingin berjumpa dengan mantan napiter. Kami akan meminta bantuan kepada mereka untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan pemilu. Kami juga akan melibatkan FKPT dan Duta Damai di sini,” kata Rycko saat melakukan kunjungan ke Polda Jawa Tengah (6/2).

Mantan Kapolda Jawa Tengah ini menyampaikan dalam memerangi kejahatan terorisme, semua pihak harus terlibat. Kita sama-sama memahami bahwa terorisme berbeda dengan kejahatan lainnya. Menurutnya, kejahatan terorisme bersifat ideologi yang menyerang keyakinan.”

Kejahatan terorisme itu menyerang belief/keyakinan. Kalau kejahatan lain dilakukan dalam keadaan sadar melakukan salah, maka terorisme tidak merasa ia melakukan salah. Justru ia meyakini bahwa sedang melaksanakan perintah Tuhan,” ungkapnya.

BACA JUGA  Sat Intelkam Polres Malang Gelar Sosialisasi Deradikalisasi

Kepala BNPT juga menuturkan salah satu instrumen yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam rangka memerangi ideologi terorisme adalah pendidikan. Hal yang perlu diperhatikan tentang ideologinya itu sendiri maupun pendidikan tentang kebangsaan.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St,. M.K., menyambut baik kedatangan BNPT. Pihaknya sangat senang dan berbahagia mendapatkan dukungan kunjungan dalam rangka pengamanan pemilu di daerahnya.

“Kami sangat serius menangani terorisme ini di Jawa Tengah, terutama menjelang pemilu. Kami sudah memetakan titik-titik rawan seperti TPS dan basis massa, serta sudah disiapkan pula antisipasinya,” ujar Ahmad menyampaikan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNPT didampingi Deputi I, Mayjen TNI Roedy Widodo, bersilaturahmi dengan FKPT Jawa Tengah. Selain itu pihaknya juga bersilaturahmi dengan Duta Damai Dunia Maya dan Duta Damai Santri Jawa Tengah. Selain itu juga mengunjungi jajaran Kodam IV/ Diponegoro Jawa Tengah.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru