30.8 C
Jakarta

3 Cara Ampuh Cegah Generasi Muda dari Paparan Terorisme

Artikel Trending

AkhbarDaerah3 Cara Ampuh Cegah Generasi Muda dari Paparan Terorisme
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Serang – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar berharap Universitas Islam Negeri (UIN ) Sultan Maulana Hasanuddin, Banten, berkontribusi luas dalam menyebarkan pengajaran moderasi beragama kepada para mahasiswa.

Menurut Boy, moderasi beragama merupakan salah satu dari tiga cara ampuh dalam mencegah generasi muda dari paparan virus radikalisme dan terorisme.

Karena itu dia mengajak pihak kampus berperan nyata dalam pengajaran moderasi beragama, demi Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

“Ada tiga vaksin, antara lain moderasi beragama,” ujar Boy saat bertemu Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Prof Wawan Wahyuddin di Serang, Banten, Jumat (12/8).

BACA JUGA  Agar Tidak Terpapar Radikalisme, Mahasiswa Perlu Memahami Moderasi Beragama

Cara ampuh lainnya lewat penguatan wawasan kebangsaan. Boy menyebut penguatan wawasan kebangsaan juga sangat penting dilakukan di kampus-kampus.

Kemudian yang ketiga budaya bangsa. Sementara itu Prof Wawan menyatakan pihaknya siap bekerja sama dengan BNPT, khususnya terkait pencegahan terorisme di kalangan mahasiswa.

“Kami siap bekerja sama dengan BNPT. Kerja sama ini dapat dituangkan dalam MoU. UIN siap berkolaborasi dan bersinergi dengan BNPT demi Indonesia Emas,” katanya.

Sebagai wujud nyata, UIN Sultan Maulana Hasanuddin juga berencana memasukkan pelajaran pencegahan radikalisme dan terorisme kepada mahasiswa baru.

Ahmad Fairozi
Ahmad Fairozihttps://www.penasantri.id/
Mahasiswa UNUSIA Jakarta, Alumni PP. Annuqayah daerah Lubangsa

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru