28.4 C
Jakarta

BNPT Siapkan Perangkat Countering Terrorism and Preventing Violent Extremism

Artikel Trending

AkhbarNasionalBNPT Siapkan Perangkat Countering Terrorism and Preventing Violent Extremism
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyiapkan perangkat pekerjaan countering terrorism and preventing violent extremism (CTPVE). Hal itu dilakukan untuk memperkuat kemampuan Pusat Pengendalian Krisis (Pusdalsis) BNPT sebagai salah satu sarana penanggulangan terorisme.

“Hari ini adalah momen penting. Kita bekerja mulai hari ini menyiapkan perangkat countering terrorism and preventing violent extremism,” kata Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel, saat Penandatanganan Kontrak Kerja di Kantor BNPT di Jakarta pada Jumat (16/2).

Rycko berharap, BNPT memiliki monitoring center untuk memantau keberadaan mantan narapidana terorisme atau mitra deradikalisasi yang berada di wilayah Indonesia. Mereka yabg telah kembali kemasyarakat tetap membutuhkan pengawalan.

“Pusdalsis kita harapkan punya kemampuan menjadi command center, kemudian karena tugas pusdalsis adalah monitoring keberadaan mitra deradikalisasi yang sudah kembali ke masyarakat maka perlu kemampuan monitoring center,” harapnya.

BACA JUGA  Pakar Kajian Terorisme UI Minta Pemerintah Perkuat Sinergi Penanggulangan Pendanaan Terorisme

Mantan Kalemdiklat Polri ini menyampaikan, Pusdalsis akan menjadi pusat pengolahan data dan informasi. Sehingga, BNPT dapat menjadi alat presiden dalam mengendalikan krisis saat terjadi aksi teror.

Sementara itu, Direktur Utama PT Nexus Tama Rendy Michael mengaku senang dapat ikut serta dalam transformasi BNPT. Hal itu juga sebagai tanggung jawab moral yang harus ditunaikan.

“Sebuah kebanggaan bagi kami karena bisa berpartisipasi dalam transformasi BNPT. Hal tersebut juga memberikan kami tanggung jawab moral. Kami terima dan akan kami laksanakan sebaik-baiknya untuk memaksimalkan kinerja BNPT,” tandasnya.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru