Bersama Kesulitan Ada Kemudahan


-1
8 shares, -1 points

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Artinya: karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, 

(Qs.Surat Al-Insyirah: 5)

Jika kita merenungi ayat ini, mengapa kita harus takut. Sebab jika saat ini kita menghadapi kesulitan maka percayalah esok nanti kita akan menghadapi kemudahan yang menghampiri kita. Ayat ini, sungguh memberikan inspirasi bagi kita yang sedang mengalami kesulitan, ayat yang memberikan asupan suplemen agar kita tetap bertahan, tetap selalu semangat dalam menghadapi hidup yang penuh dengan kesulitan.

Kemudahan, atau pertolongan akan selalu datang. Tenanglah ! seperti tenangnya Nabi Musa a.s saat akan tersusul oleh pasukan Fir’aun, tenangnya Nabi dalam menyampaikan dakwah walaupun dicaci di maki dan di sakiti. Jika kita meneladani sifat tenangnya mereka dalam menghadapi kesulitan dengan mengatakan “sesungguhnya Allah bersamaku, dia akan memberikan petunjuk kepadaku” saat kita ditimpa kesulitan yang seolah-olah kita tidak mampu untuk mengahadapinya. Jadi, janganlah bersedih dan takut atas setiap kesulitan yang menghimpit kita, karena pertolongan Allah Swt akan selalu datang tepat waktu.

Inilah realitas kehidupan, banyak hal yang perlu kita pahami dari berbagai persoalan kesulitan ini. Memahami karakter kesulitan dalam berbagai sudut pandang dan kaca mata yang benar, insya Allah dengan hal seperti itu akan cukup meringankan kita. Kegentaran hanya akan melahirkan pribadi-pribadi yang lemah, hingga akhirnya akan dilindas oleh kerasnya perputaran zaman.

Ingatlah, setiap kesulitan yang menimpa setiap insan itu setara dengan kemampuannya untuk memikul kesulitan tersebut. Allah tidak akan berbuat dzalim kepada makhluknya dengan memberikan kesulitan yang ada di luar batas kemampuan makhluknya. Bagi mereka yang mendapatkan ujian kesulitan hidup hendaklah menjadikan kesabaran sebagai hiasana dalam hidupnya. Dengan membangun suatu keyakinan bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Jikalau kita diberikan kemudahan, maka hendaklah kita mampu menunjukan keteladanan yang nyata sebagaimana Nabi Saw. Daripada kita tenggelam dengan kesedihan akibat kesulitan, mengapa tidak kita ambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satunya, dengan datangnya kesulitan kita akan memiliki hati yang lebih kuat dan sadar atas kekuranagn serta kesalahan kita.

Dalam hidup ini tidak ada hidup tanpa masalah, karena masalah adalah sunnah-nya. Hanya saja yang kita perlukan hanyalah bijaksana dalam menyikapinya. Jika ketegaran yang kita pupuk, nikmat masalah akan terasa tetapi jika keluhan yang kita ikuti maka yang terasa hanyalah sengsara dari setiap masalah akan selalu bertambah. Masalah yang datang harus berani kita hadapi, Masalah merupakan salah satu media dalam proses pendewasaan diri kita. Tanpa masalah kita takkan pernah dewasa dan tanpa masalah juga kita takkan menjadi orang yang luar biasa.

“Jika Semua Orang Menjauh Ketika Engkau Mendapat Kesulitan, Maka Ketahuilah Bahwa Allah Swt Ingin Membuatmu Kuat Dan Ia Akan Menjadi Penolongmu.” 

(Imam Syafi’i)

Baca Juga:  Tasydid Dalam Surat Al-Fatihah

Like it? Share with your friends!

-1
8 shares, -1 points

What's Your Reaction?

Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Wow Wow
0
Wow
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
3
Suka