31.7 C
Jakarta

Anda Seorang Blogger? Berikut Pentingnya Blogger Planner yang Wajib Anda Ketahui

Artikel Trending

KhazanahLiterasiAnda Seorang Blogger? Berikut Pentingnya Blogger Planner yang Wajib Anda Ketahui
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Dikutip dari sebuah siaran pers di laman resmi Kemkominfo diketahui bahwa selama pandemi Covid-19, pengguna layanan digital Indonesia mengalami pertumbuhan sekitar 37 persen. Fakta ini menobatkan Indonesia di peringkat keempat dunia dalam jumlah pengguna internet terbanyak.

Menulis blog adalah salah satu aktivitas penggunaan internet yang cukup signifikan pertumbuhannya. Dilansir dari antara, jumlah blogger yang hanya 3,5 persen dari 88,1 juta pengguna internet pada tahun 2015 itu terus meningkat pesat. Menurut Jack Huang, President of Overseas Business, UCWeb, Alibaba Mobile Business Group, terdapat 3,8% (sekitar 3 juta) dari total pengguna internet aktif di Indonesia adalah narablog pada tahun 2017.

Bagi seorang narablog, menulis dan membuat postingan blog adalah satu keharusan agar blog tetap hidup. Di antara jutaan blog-blog di laman pencarian, masing-masing narablog memiliki strategi untuk menjadi jawara page one. Keberhasilan postingan nangkring di halaman satu pencarian membuat kebanggaan bahkan bisa menjadi tolok ukur keberhasilan seorang narablog.

Lantas bagaimana cara agar postingan yang dibuat lebih terarah dan terukur? Inilah pentingnya sebuah perencanaan agar aktivitas ngeblog lebih optimal. Salah satu caranya adalah membuat blogger planner (rencana blog). Bisa dibuat dalam skala harian, bulanan, hingga tahunan.

Membuat blogger planner, berikut yang harus diperhatikan:

Tulis, Ketik, dan Desain Blogger Planner Semenarik Mungkin

Meskipun blog planner ini adalah konsumsi pribadi, seorang narablog juga perlu memperhatikan hal ini. Semakin menarik tampilan yang dibuat, akan semakin ramah otak untuk mengingat konten-konten yang harus ditulis untuk membangun blog. Misalkan, blogger planner didesain mirip mind mapping. Diberi banyak goresan warna dan gambar menarik.

Perhatikan Tanggal-tanggal Penting

Membuat postingan blog pada tanggal penting akan membuat tulisan tersebut lebih menyentuh pembaca. Misalkan jelang hari ibu, maka buatlah postingan yang mengingatkan tentang perjuangan seorang ibu atau tentang mereka-mereka yang layak disebut ibu.

Apa pun itu usahakan untuk menuliskan sudut pandang berbeda dari yang mungkin dibahas narablog lain. Semakin unik postingan tersebut, maka akan semakin besar meraih hati pembaca dan mendapatkan posisi strategis pada laman pencari. Tandai hari-hari penting tersebut dalam blogger planner, ya.

BACA JUGA  Merawat Skill Menulis di Tengah Gempuran Skripsi

Tak Perlu Berburu Kuantitas, Upayakan Kualitas

Blogger planner dibuat dalam skala yang ditentukan. Namun jangan hanya karena berburu kuantitas, Anda mengabaikan kualitas. Selalu buat postingan mendalam yang mampu menjawab kebutuhan pembaca akan solusi problem yang mereka cari.

Ibarat seseorang yang mengunjungi rumah Anda, buatlah tamu tersebut betah. Jangan biarkan ia hanya duduk di ruang tamu saja lalu pergi keluar. Oleh sebab itu, tambahkan tautan menarik lain dalam postingan yang bisa mengarahkan pengunjung blog mengunjungi halaman lain dari blog Anda.

Buatlah blogger planner sesuai dengan kapasitas Anda. Jika tidak mampu menulis postingan per hari, per bulan pun tak mengapa, kok. Konsisten dengan hal kecil dan perlahan menuju hal besar adalah lebih baik.

Berikan Target Pada Blogger Planner

Tak melulu tentang tanggal sekian harus buat postingan tentang ini. Dalam blogger planner Anda juga bisa menuliskan perencanaan lebih besar lagi. Misalkan tanggal sekian harus punya domain authority dan page authority berapa, tanggal sekian harus ikut lomba blog tema ini, dan masih banyak lagi. Penting, jangan biarkan kehidupan blog berkisar itu-itu saja. Harus ada perubahan dalam tiap perjalanan ngeblog Anda. Target pada blogger planner akan membuat blog Anda terus bertumbuh.

Tak Perlu Ragu Jika Harus Keluar Uang

Bagi beberapa narablog, membuat blogger planner bisa terasa sulit. Dengan alasan kurang kreatif misalnya. Namun tak perlu khawatir karena sekarang banyak penyedia jasa pembuatan blogger planner. Ada yang sudah fiks nggak bisa diutak-atik lagi dan Anda tinggal isi, tetapi ada juga yang masih berupa templat yang tentu saja desainnya masih bisa ditambah dan dikurangi.

Seorang narablog senior pernah mengatakan bahwa bertumbuhlah bersama blog. Memang perjalanan menjadi narablog itu cukup panjang dan berliku. Mengawali aktivitas ngeblog dengan membuat sebuah blogger planner adalah salah satu bentuk usaha agar Anda punya dasar kuat sebelum menjalani hari-hari ngeblog yang lebih panjang lagi.

Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas
Alumnus Prodi D-III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Medan dan Jurusan D-IV Bidan Pendidik Universitas Sumatera Utara. Menulis puisi, cerpen dan buku. Tulisannya telah dimuat di media cetak dan daring. Buku solo terbaru admin blog www.karuniasambas.com ini berjudul Hamil Sehat dan Bahagia (Metagraf, 2021). Anggota Komunitas Menulis ODOP (One Day One Post) dan WIN (Wong Indonesia Nulis). Salah seorang PJ di Komunitas Menulis Perkasa Creative Writing (PCW). Penulis dapat dihubungi melalui alamat surel: [email protected]

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru