26.6 C
Jakarta

Amankah Berpuasa Ramadhan Saat Pandemi Corona?

Artikel Trending

Virus corona yang muncul pertama kali bulan Desember tahun 2019 telah memasuki bulan kelima. Sampai bulan kelima, yaitu bulan April virus corona ini belum reda dan malah menunjukan kenaikan yang signifikan. Di bulan yang sama umat muslim di dunia juga akan menyambut datangnya bulan yang penuh berkah, bulan Ramadhan. Lantas apakah aman menjalankan puasa Ramadhan saat pandemi corona?.

Perlu diketahui bahwasanya puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap umat Islam. Oleh karenanya selama ia mampu untuk melaksanakannya dan tidak adanya halangan seperti sakit maka ia wajib melaksanakannya. Dalil wajibnya umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadhan adalah Al-Quran, Surat Al Baqorah ayat 183 yang berbunyi

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman. Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.

Aman Menjalankan Puasa Ramadhan Saat Pandemi Corona

Namun demikian apakah kewajiban puasa Ramadhan ini aman dilaksanakan saat pandemi corona..?. Apabila seorang muslim tidak sedang mengalami sakit yang membolehkannya tidak berpuasa dan sedang tidak ada udzur seperti perjalanan maka aman melaksanakan puasa Ramadhan. Virus corona tidak akan membahayakan seseorang yang berpuasa selama orang yang berpuasa tersebut tetap menjaga kesehatan dan tidak melakukan kegiatan yang membahayakan.

BACA JUGA  Benarkah Korban Pesawat Jatuh Tergolong Syahid?

Dengan demikian bagi orang yang sehat saat terjadi pandemi corona tetap diwajibkan dan diperintahkan untuk puasa Ramadhan. Pandemi corona bukanlah udzur atau alasan yang bisa menjadikan seseorang boleh meninggalkan puasa Ramadhan. Oleh karenanya marilah tetap menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan berpuasa.

Bulan Ramadhan juga termasuk bulan yang mustajabah untuk berdoa. Hal ini seperti yang Nabi Muhammad sabdakan

BACA JUGA  Hukum Orang Sholat Yang Tidak Menghadap Kiblat, Sahkah Shalatnya?

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

Artinya: “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.

Oleh karenanya umat Islam dihimbau untuk berdoa agar virus corona ini cepat berakhir dan agar bisa beraktifitas seperti biasa.

 

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru