NU Depok Ajak Masyarakat Fungsikan Masjid sebagai Penyejuk Umat


0
3 shares
Harakatuna.com. Depok-Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk mubaligh, dai, dan khotib untuk memfungsikan masjid sebagai sarana penyejuk kehidupan masyarakat dan umat.
“Jangan sampai saat ini bisa umat terpecah belah karena beda politik. Kita berharap dengan kembali ke masjid bisa memperkuat ukhuwah Islamiyah dan kebangsaan. Di masjid bisa beribadah dengan nyaman tanpa ada perpecahan,” ujarnya Ketua PCNU Kota Depok Ustadz Achmad Solechan pekan lalu.
Hal itu ia sampaikan saat kegiatan Diklat Manajemen Masjid Pengurus DKM se-Kecamatan Tapos Depok, Jawa Barat bertema Revitalisasi Peran dan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penyebaran Islam Rahmatan lil ‘Alamin.
Menurutnya, sudah saatnya para pengurus masjid dan para khotib jumat dalam menyampaikan materi berdimensi untuk memperkuat persaudaraan. Dengan kata lain, lanjutnya, mengedepankan dakwah dengan kelembutan dan rahmatan lil ‘alamin.
“Tentunya dengan pengelolaan manajemen masjid yang baik akan berpengaruh pada pemberdayaan umat. Program Diklat Manajemen Masjid yang diselenggarakan NU Depok ini keliling 11 Kecamatan,” paparnya.
Ia menambahkan sejumlah materi yang diberikan bagi para muharrik atau pengurus DKM seperti, manajemen pengelolaan masjid, strategi memakmurkan masjid, Aswaja dll. Tidak hanya berhenti pada pelatihan saja, pihaknya juga akan mengadakan kegiatan program Bersih Bersih Masjid (BBM) keliling di masjid Depok.
“Tiap hari tim BBM PCNU Depok ini tiap hari akan keliling untuk bersih-bersih di masjid-masjid Depok. Tidak hanya itu saja, ke depan NU Depok juga akan menyelenggarakan pelatihan metodologi tahfidz Al-Qur’an,” tandasnya.
Ketua LTMNU Depok Rudi S. Halimi mengungkapkan dalam acara tersebut dihadiri perwakilan 30 masjid se-Kecamatan Tapos. Dirinya berharap pelatihan saat ini bisa memberikan pembekalan bagi para pengurus.
“Harapannya agar para Pengurus DKM yang mengikuti pelatihan ini bisa memperdayakan masjid di Kecamatan Tapos,” harapnya.
Dalam kesempatan tersebut pemateri dari tim PCNU dan LTMNU Kota Depok. Seusai acara dilanjutkan dengan Rencana Tindak Lanjut oleh peserta. (Aan Humaidi/Fathoni)
Sumber NU Online
Baca Juga:  Luffa Wakil UMK dalam Seleksi Mapres Tingkat Kopertis VI

Like it? Share with your friends!

0
3 shares

What's Your Reaction?

Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Wow Wow
0
Wow
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Harakatuna

Harakatuna merupakan media dakwah yang mengedepankan nilai-nilai toleran, cerdas, profesional, kritis, faktual, serta akuntabel dengan prinsip utama semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang berdasar pemahaman Islam: rahmat bagi semua makhluk di dunia.