30.8 C
Jakarta

Makanan Yang Paling Lezat Menurut Rasulullah

Artikel Trending

Asas-asas IslamHadistMakanan Yang Paling Lezat Menurut Rasulullah
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.comMakan adalah salah satu penanda lemahnya manusia. Tanpa makanan manusia akan merasa lemas dan lemah tak memiliki tenaga. Oleh karenanya makan menjadi salah satu sifat naluriah dan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tentu pada umumnya manusia akan memakan makanan yang paling disukainya dulu. Dan berikut makanan yang paling lezat menurut Rasulullah.

Rasulullah bersabda bahwa salah satu makanan favoritnya atau makan paling lezat adalah tsarid. Nabi bersabda

وَإِنَّ فَضْلَ عَائِشَةَ عَلَى النِّسَاءِ كَفَضْلِ الثَّرِيدِ عَلَى سَائِرِ الطَّعَامِ

Artinya: “Keunggulan Aisyah atas wanita lain seperti keunggulan tsarid atas makanan lainnya,” [HR. Bukhari).

tsarid dalam hadis di atas adalah potongan roti yang dicampur kaldu daging, dan Rasulullah sendiri menganggapnya jadi hidangan paling istimewa.

Kaldu yang berunsur daging memang menjadi makanan yang paling lezat. Dalam salah satu riwayat juga diceritakan bahwa Rasulullah menganggap makanan yang paling lezat adalah daging.

Nabi bersabda, “Daging merupakan Sayyid (penghulu atau paling utama) makanan,”

BACA JUGA  Bahaya Tidak Ikhlas dalam Beribadah

Oleh karena yang demikian menjadi jelas bahwa Nabi Muhammad itu sangat menyukai daging. Bahkan daging menjadi penghulu dari semua makanan.

Dalam suatu hadis juga diceritakan bahwa Rasulullah menyukai daging yang berada di sekitar tulang punggung. Menurut riwayat Ibnu Abbas, “Nabi memakan daging yang ada di tulang punggung, kemudian setelah itu beliau bangkit dan shalat tanpa berwudu lagi.

Sahabat Umar bin Khattab juga menyatakan bahwa meninggalkan daging membuat seseorang bertabiat buruk. Dan kebanyakan makan daging membuat hati keras.”

Walaupun daging menjadi penghulu atau makanan yang paling enak, namun demikian, tidak dianjurkan mengonsumsi daging secara berlebihan. Syekh Yusri Rusydi al-Hasani seorang ulama dari Al-Azhar yang juga merupakan seorang dokter menyatakan, “Makan daging diposisikan seperti mengonsumsi obat, sekali dalam sepekan atau hari raya saja. Itu bagus sekali.”

Dari penjelasan ini menjadi jelas bahwa daging, atau makanan yang mengandung unsur daging adalah makanan yang paling lezat menurut Rasulullah. Wallahu A’lam Bishowab

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru