27.3 C
Jakarta

Israel Terus Dekatkan Hubungan dengan Bahrain, Ada Apa?

Artikel Trending

AkhbarInternasionalIsrael Terus Dekatkan Hubungan dengan Bahrain, Ada Apa?
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Bahrain – Israel terus melakukan berbagai terobosan dan kerjasama dengan berbagai negara tetangga. Bahkan kini delegasi Israel melakukan kunjungan ke Manamah untuk meresmikan hubungan kerjasama dengan Bahrain, Selasa, (20/10/2020)

Dalam pertemuan itu, pejabat Bahrain dan delegasi Israel menandatangani komunike (pemberitahuan resmi dari pemerintah) guna memperluas kerjasama yang telah diinisiasi Washington beberapa waktu lalu.

Bahrain mengikuti Uni Emirat Arab (UEA) dalam menormalkan hubungan dengan Israel. Keputusan ini tentu mengejutkan warga Palestina.

UEA dan Bahrain menjadi negara Arab ketiga dan keempat yang menjalin hubungan dengan Israel, menyusul Mesir tahun 1979 dan Yordania tahun 1994.

Bagi sekutu Amerika Serikat, hubungan antara sejumlah negara Arab dengan Israel merupakan kesempatan untuk menutup barisan di Iran.

Delegasi Israel yang terbang ke Manamah menggunakan El Al Israel Airlines dari bandara Ben Gurion di Tel Aviv, didampingi oleh Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin.

BACA JUGA  Polisi Italia Tangkap Terduga Teroris ISIS di Bandara Roma

“Ini benar-benar kunjungan yang bersejarah untuk memulai hubungan antara kedua negara,” kata Menteri Luar Negeri Bahrain, Abdullatif al-Zayani, setelah upacara penandatanganan dengan Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Israel, Alon Ushpiz, dan Penasihat Keamanan Israel, Meir Ben-Shabbat.

Al-Zayani bersalaman dengan Ben-Shabbat dan mengatakan bahwa delegasi Israel diterima dengan tangan terbuka, kehangatan dan keramahan.

Sebelumnya, Israel dan Bahrain bersama tuan rumah Armada Kelima Angkatan Laut AS, menandatangani apa yang disebut “Abraham Accords” pada upacara di Gedung Putih, 15 September lalu.

Kesepakatan itu langsung memicu kemarahan warga Bahrain di dalam dan luar negeri. Sementara pemerintah Bahrain mengatakan kesepakatan itu melindungi kepentingan negaranya dari Iran.

Al-Zayani mengatakan kerjasama adalah cara yang paling efektif dan berkelanjutan untuk mewujudkan perdamaian sejati dan abadi di kawasan Timur Tengah. Dia pun menegaskan bahwa negaranya mendukung penyelesaian konflik Israel-Palestina melalui dialog.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru