26.3 C
Jakarta

Iran Sebut akan Terus Kembangkan Nuklir Sampai Barat Ubah Perilaku

Artikel Trending

AkhbarInternasionalIran Sebut akan Terus Kembangkan Nuklir Sampai Barat Ubah Perilaku
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Taheran – Pemerintah Iran menyebut akan lebih mengembangkan program nuklir sampai Barat mengubah “perilaku ilegalnya.” Pernyataan ini dikatakan pejabat tinggi keamanan Iran Ali Shamkhani dalam pertemuan dengan diplomat tinggi Uni Eropa.

“Tindakan pembalasan Iran di sektor nuklir hanyalah tanggapan legal dan rasional terhadap unilateralisme AS dan kelambanan Eropa dan akan berlanjut selama praktik ilegal Barat tidak diubah,” kata Shamkhani dilansir dari Al Arabiya, Sabtu (25/6/2022).

Sementara Shamkhani tidak merinci praktik apa yang dia maksud. Pembicaraan tidak langsung Iran dengan Amerika Serikat tentang menghidupkan kembali pakta nuklir 2015 akan segera dilanjutkan, menteri luar negeri Iran mengatakan di tengah dorongan oleh diplomat tinggi Uni Eropa untuk memecahkan kebuntuan selama berbulan-bulan dalam negosiasi.

BACA JUGA  G7 Kecam Taliban Gara-Gara Kebiri Hak Perempuan Afghanistan

“Kami siap untuk melanjutkan pembicaraan dalam beberapa hari mendatang.  Yang penting bagi Iran adalah untuk sepenuhnya menerima manfaat ekonomi dari kesepakatan 2015,” kata Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, menambahkan bahwa ia telah mengadakan “pertemuan panjang tapi positif” dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell.

Pakta itu tampaknya hampir dihidupkan kembali pada bulan Maret ketika UE – yang mengoordinasikan negosiasi – mengundang para menteri luar negeri yang mewakili pihak-pihak dalam perjanjian ke Wina untuk menyelesaikan kesepakatan setelah 11 bulan pembicaraan tidak langsung antara Teheran dan pemerintahan Presiden Joe Biden.

Tetapi pembicaraan itu telah macet, terutama karena desakan Teheran bahwa Washington menghapus Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) dari daftar Organisasi Teroris Asing AS.

Ahmad Fairozi
Ahmad Fairozihttps://www.penasantri.id/
Mahasiswa UNUSIA Jakarta, Alumni PP. Annuqayah daerah Lubangsa

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru