31.9 C
Jakarta

BNPT RI Awali Tahun 2024 dengan Penyusunan Strategi Nasional Penanggulangan Terorisme

Artikel Trending

AkhbarNasionalBNPT RI Awali Tahun 2024 dengan Penyusunan Strategi Nasional Penanggulangan Terorisme
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta – Pada 2024, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menerapkan strategi penanggulangan terorisme yang akan dilakukan di tahun ini, BNPT bersama instansi terkait akan fokus pada upaya mencegah, mempersiapkan, melindungi, memberantas, dan bermitra.

Strategi ini disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Mohammed Rycko Amelza Dahniel. Hal ini diterangankan dalam acara Senior Level Meeting Densus 88 di Jakarta.

“Strategi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme akan berfokus pada mencegah, mempersiapkan, melindungi, memberantas, dan bermitra,” ujar Kepala BNPT.

Menurut Rycko, kewaspadaan terhadap ancaman terorisme harus tetap ada meskipun pada 2023 lalu terjadi fenomena nihil serangan atau aksi teror (zero terrorist attack). Sebab, fenomena keamanan ini dinilai tidak menggambarkan situasi keamanan keseluruhan sebenarnya di suatu negara.

“Kita perlu tetap waspada, fenomena zero attack tersebut merupakan fenomena yang muncul di atas permukaan dari teori gunung es,” katanya.

Kepala BNPT berpendapat, kewaspadaan yang dimaksud adalah pada proses radikalisasi terhadap kelompok rentan di masyarakat, seperti perempuan, remaja dan anak-anak. Hal ini karena radikalisasi dengan penyebaran paham intoleran ini masih terus berlangsung, terutama melalui ruang digital, seperti media sosial dan lainnya.

BACA JUGA  FGBI Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai

“Proses radikalisasi tersebut dengan adanya peningkatan migrasi pada masyarakat di provinsi dan kota-kota di Indonesia dari intoleran pasif menjadi intoleran aktif, dan dari intoleran aktif menjadi terpapar,” jelas dia.

Dalam pertemuan ini, Rycko memberikan apresiasi terhadap semua pihak, khususnya Densus 88, yang selalu proaktif menjaga kondisi Indonesia yang aman dari serangan teroris sepanjang 2023. Pihaknya juga mengapresiasi kinerja TNI dan Polri yang selama ini aktif menjaga NKRI.

“Apresiasi perlu diberikan kepada kita semua, khususnya aparat penegak hukum seperti Densus 88 AT Polri, atas kerja keras dan kinerjanya sehingga mampu menjaga kondisi Indonesia yang aman dari serangan teroris sepanjang 2023,” lengkap Kepala BNPT.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru