29.4 C
Jakarta

7 Amal Yang Tiada Putus Pahalanya Setelah Kematian, Apa Itu?

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadah7 Amal Yang Tiada Putus Pahalanya Setelah Kematian, Apa Itu?
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Suatu Kesadaran yang harus selalu terpatri dalam sanubari manusia ketika hidup di dunia adalah bahwa dirinya kelak akan mati. Dengan adanya kesadaran ini, tentunya manusia akan berbuat semaksimal mungkin menyambut kehidupan abadi di akhirat. Dunia ini, walaupun sementara amatlah penting, karena menentukan kehidupan abadi di akhirat. Oleh karenanya perlu melakukan amal perbuatan didunia yang pahalanya mengalir terus sampai setelah kematian dan berikut 7 amal yang tiada putus pahalanya setelah kematian.

7 amal yang tiada putus pahalanya setelah kematian ini didasarkan pada sebuah hadis Nabi. Nabi Muhammad bersabda

إِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ الْمُؤْمِنَ مِنْ عَمَلِهِ وَحَسَنَاتِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ عِلْمًا عَلَّمَهُ وَنَشَرَهُ وَوَلَدًا صَالِحًا تَرَكَهُ وَمُصْحَفًا وَرَّثَهُ أَوْ مَسْجِدًا بَنَاهُ أَوْ بَيْتًا لِابْنِ السَّبِيلِ بَنَاهُ أَوْ نَهْرًا أَجْرَاهُ أَوْ صَدَقَةً أَخْرَجَهَا مِنْ مَالِهِ فِي صِحَّتِهِ وَحَيَاتِهِ يَلْحَقُهُ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهِ

Artinya: “Sesungguhnya yang didapati oleh orang yang beriman dari amalan dan kebaikan yang ia lakukan setelah ia mati adalah. Pertama, Ilmu yang ia ajarkan dan sebarkan. Kedua, Anak saleh yang ia tinggalkan. Ketiga, Mushaf Al-Quran yang ia wariskan. Keempat, Masjid yang ia bangun. Kelima, Rumah bagi ibnu sabil (musafir yang terputus perjalanan) yang ia bangun. Keenam, Sungai yang ia alirkan. Ketujuh, Sedekah yang ia keluarkan dari harta ketika ia sehat dan hidup. Semua itu akan dikaitkan dengannya setelah ia mati.” [HR. Ibnu Majah].

BACA JUGA  Doa Rasulullah Menyambut Pagi Hari

Dengan mengetahui hadis ini, sudah selayaknya untuk kita, umat Islam yang masih diberi umur untuk menikmati kehidupan dunia untuk melakukan 7 amal yang tiada putus pahalanya setelah kematian. Jangan berharap mendapat kenikmatan hidup di akhirat kelak tanpa amal saleh yang dilakukannya selama di dunia.

Manusia pasti akan mati, dan setelah mati tentunya sudah tidak bisa beramal saleh lagi. Dan agar setelah kematiannya ia tetap mendapatkan pahala amal saleh yang akan membantunya menghadapi kehidupan akhirat, maka lakukanlah 7 amal yang tiada putus pahalanya setelah kematian ini. Wallahu A’lam Bishowab.

Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru