30.2 C
Jakarta

2 Hal Yang Paling Baik dalam Islam Menurut Rasulullah

Artikel Trending

Asas-asas IslamSirah Nabawiyah2 Hal Yang Paling Baik dalam Islam Menurut Rasulullah
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Islam adalah agama yang mewajibkan umatnya untuk berbuat amal kebaikan. Dengan amal kebaikan tersebut maka kemungkinan ia mendapatkan rahmat Allah dan masuk surga amatlah besar. Tentu amal kebaikan adalah cara terbaik untuk mendapatkan rahmat Allah. Dan Rahmat Allah adalah kunci dari segala kebahagiaan baik itu dunia dan akhirat. Islam sebagai agama yang paripurna pasti mengajarkan kebaikan. Dan berikut 2 hal yang paling baik dalam Islam menurut Rasulullah.

Pada suatu hari, Rasulullah didatangi oleh seorang lelaki. Lelaki tersebut lantas bertanya kepada Rasulullah mengenai hal yang paling baik dalam Islam. Mendengar pertanyaan itu Rasulullah menjawab bahwa dalam Islam ada dua hal yang paling baik

أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم: أَيُّ الْإِسْلَامِ خَيْرٌ؟ قَالَ: تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأَ السَّلَامَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ

Artinya, “Seseorang bertanya pada Rasulullah saw: “Hal apa yang paling baik dalam Islam?” Rasulullah menjawab: “Memberi makan dan mengucap salam pada orang yang kau kenal dan yang tidak kau kenal”.

Dari hadis ini sangatlah bisa disimpulkan bahwa 2 hal yang paling utama dalam Islam adalah memberi makan dan mengucapkan salam.

Pertama, memberi makan adalah salah satu tanda bahwa manusia itu memiliki empati dan kasih sayang. Dalam suatu artikel, dikatakan bahwa engkau bisa hidup di Indonesia dalam waktu 6 bulan tanpa uang. Dan engkau tidak punya bisa di Amerika selama seminggu tanpa uang.

Pernyataan di atas tentu karena memberi makan kepada orang yang membutuhkan telah mendarah daging di Indonesia. Indonesia adalah negara paling dermawan di dunia. Memberi makan memang kelihatannya hal yang sepele. Namun sejatinya memberi makan adalah hal yang besar. Karena memberi makan ini erat kaitannya dengan nyawa. Oleh karenanya Islam menjadikan memberi maka kepada orang yang membutuhkan sebagai hal yang paling baik.

Memberi Salam, Satu Dari 2 Hal yang Paling Baik dalam Islam

Kedua adalah mengucapkan salam kepada orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Secara eksplisit, salam disini adalah ucapan Assalamualaikum. Oleh karenanya sudah sepantasnya jika sesama muslim bertemu untuk selalu berucap salam. Mengucapkan salam, selain mendoakan dalam kebaikan juga akan menambah keakraban. Salam dalam hadis Rasulullah di atas jika dimaknai secara implisit juga bisa bermakna kedamaian. Artinya menebar kedamaian kepada orang yang dikenal maupun tidak dikenal adalah hal yang paling utama dalam Islam.

Kedamaian adalah inti dari ajaran Islam. Kedamaian adalah awal dari keindahan dunia. Tanpa kedamaian tentu tatanan dunia akan hancur. Oleh karenanya marilah kita selalu mendukung upaya-upaya berbagai pihak yang mengutamakan kedamaian.

Demikianlah 2 hal yang paling utama dalam Islam menurut Rasulullah. Wallahu ‘alam

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian Keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru