25.5 C
Jakarta

Serius Tangkal Terorisme, Menhan RI Teken Kerja Sama dengan Prancis

Artikel Trending

AkhbarNasionalSerius Tangkal Terorisme, Menhan RI Teken Kerja Sama dengan Prancis
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta-Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan lawatan ke Prancis sekaligus menandatangani Persetujuan Kerja Sama Pertahanan / Defence Cooperation Agreement (DCA) Indonesia-Prancis bersama Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly. Salah satu misinya memberantas terorisme.

Acara penandatanganan dihelat di Hôtel de Brienne, kantor Kementerian Pertahanan Prancis, di Paris, Senin (28/6) kemarin.

“DCA menjadi payung penting bagi kerja sama pertahanan yang komprehensif antara Indonesia dan Prancis ke depan yang saling menguntungkan di berbagai bidang yang menjadi kepentingan kedua negara,” kata Prabowo dalam keterangan tertulis, Selasa (29/6).

DCA telah digagas kedua negara pada Januari 2020 lalu. DCA nantinya akan menjadi aturan penguatan kerja sama pertahanan sekaligus untuk memperkokoh kemitraan strategis kedua negara.

Setelah ditanda tangani, DCA akan semakin memperluas cakupan kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Prancis.

Fokus kerja sama dua negara ini akan meliputi pendidikan dan pelatihan militer, ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang industri pertahanan, kerja sama pasukan pemeliharaan perdamaian, pemberantasan terorisme, serta pengembangan dan penelitian industri pertahanan termasuk produksi bersama.

BACA JUGA  Mafindo Minta Pemuda Indonesia Harus Bersatu Melawan Radikalisme dan Terorisme

Selain itu, DCA juga memuat kerja sama terkait bantuan kemanusiaan dan penanganan bencana seperti pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum mereda.

Kedua negara juga disebut berpeluang memaksimalkan potensi dan keunggulan (competitive advantage) kekuatan masing-masing.

Misalnya di sektor pengembangan keamanan siber dan kerja sama alutsista untuk memajukan kapasitas industri pertahanan Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai bagian dari global production chain produk alutsista.

“Saya mengharapkan DCA dapat meningkatkan komunikasi dan kerja sama tidak saja antara Kementerian Pertahanan, tetapi juga antara angkatan bersenjata kedua negara, seperti antara kedua angkatan udara dan darat, khususnya di bidang pelatihan dan pendidikan,” kata Prabowo.

Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru