30.9 C
Jakarta
Array

Ratusan Militan ISIS Irak Menyerahkan Diri

Artikel Trending

Ratusan Militan ISIS Irak Menyerahkan Diri
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta. Ratusan militan ISIS dilaporkan menyerahkan diri pada pekan lalu, setelah kelompok teror itu dipukul mundur dari benteng pertahanan terkuat mereka di Irak.

Reuters melaporkan, ratusan militan itu kabur dari Hawija ke wilayah kekuasaan Kurdi setelah digempur oleh pasukan pemerintah Irak.

Dalam proses penyerahan diri itu, sebenarnya ada 1.000 orang yang hadir. Namun, hanya sebagian yang merupakan militan ISIS.

“Kira-kira ada ratusan orang yang merupakan anggota ISIS, tapi kami harus memeriksa kembali untuk memastikan,” ujar seorang petugas keamanan di daerah otonomi Kurdistan.

Hisham al-Hashimi, seorang pengamat masalah ISIS di Baghdad, mengatakan bahwa penyerahan diri ini menunjukkan lunturnya semangat militan yang sebelumnya selalu berjuang hingga titik nadir.

“Mereka tidak lagi meyakini perjuangan mereka,” kata Hashimi kepada Reuters.

Hashimi sendiri sempat bertemu dengan para militan ISIS yang menyerah di kamp Dibis di dekat Kirkuk.

Menurut Hashimi, para militan itu kini takut dieksekusi oleh para pria dari suku adat Arab dan paramiliter Syiah yang membantu pasukan pemerintah Irak di Hawija.

Melihat penurunan semangat militan ini, pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, merilis rekaman suaranya yang menyerukan agar para pengikutnya terus berjuang meski mengalami kemunduran di Irak dan Suriah.

Wilayah ISIS di Irak memang terus menyusut setelah pemerintah menggencarkan gempuran besar-besaran.

Kemunduran ini bermula ketika pasukan pemerintah berhasil merebut Mosul, wilayah yang selama ini disebut-sebut sebagai ibu kota Suriah di Irak.

Kini, wilayah kekuasaan ISIS hanya terbentang di perbatasan barat dengan Suriah, salah satunya Kota al-Qaim. (has)

Cnnindonesia.com

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru