30.5 C
Jakarta

Kuping Berdengung Tiba-Tiba, Lakukan Anjuran Rasulullah Berikut Ini

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahKuping Berdengung Tiba-Tiba, Lakukan Anjuran Rasulullah Berikut Ini
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Salah satu organ tubuh yang cukup sensitif adalah kuping. Terkadang kuping kita tiba-tiba berdengung. Dan terkadang pula kuping kita tiba-tiba memerah dan panas. Apakah hal seperti ini wajar dalam pandangan Islam dan bagaimana cara mengatasinya sesuai anjuran Rasulullah

Kuping berdengung tiba-tiba memang sering menimpa siapa saja, walaupun kuping kita tidak kemasukan apapun. Dalam pandangan sebagian masyarakat Indonesia, kuping berdengung tiba-tiba itu karena sedang ada orang yang membicarakan kita, pada umumnya hal yang dibicarakan adalah hal-hal yang jelek.

Namun demikian dalam pandangan ulama, kuping berdengung tiba-tiba ini disebabkan oleh banyak hal. Dalam kitab al-‘Ad’iyyat wa al-Adzkaar susunan Syekh Abdullah Sirajudiin al-Husayni diterangkan bahwa kuping berdengung ini dikarenakan efek dari aktivitas ruh yang ada dalam badan. Bisa berupa bertemunya ruh orang tersebut dengan ruh lain atau ruh tersebut mencium (bau) ruh lain.

BACA JUGA  Ingin Raih Pahala Setara Haji Dan Umrah, Lakukanlah Hal Ini

Adapun ketika telinga berdengung, maka yang harus dilakukan sesuai dengan anjuran Rasulullah adalah membaca shalawat dan membaca doa. Dalam sebuah hadis diterangkan

عن أبي رافع رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: (إذا طنّت أذن أحدكم فليذكرني وليصلّ عليّ وليقل : ذَكَرَ اللهُ بِخَيْر مَنْ ذَكَرَنِي)

Artinya: “Dari Abu Rafi’ Ra berkata, Rasulullah Saw bersabda: apabila telinga dari salah satu kalian berdengung maka ingatlah aku, bershalawatlah kepadaku dan ucapkanlah (Allah telah menyebutkan kebaikan seseorang yang menyebutku).”

Dari hadis ini menjadi jelas bahwa selain membaca shalawat doa yang harus dibaca ketika telinga berdengung adalah

ذَكَرَ اللهُ بِخَيْر مَنْ ذَكَرَنِي

Dazakarallau bikhoirin man zakarani

Artinya : “Allah telah menyebutkan kebaikan seseorang yang menyebutku”

Demikianlah anjuran Rasulullah saat telinga berdengung. Wallahu A’lam Bishowab

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru