25.1 C
Jakarta
Array

Sikap Terbuka dan Keadilan dalam Islam

Artikel Trending

Sikap Terbuka dan Keadilan dalam Islam
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Islam adalah sebuah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW kepada seluruh alam dengan berbagai ajarannya. Selain ajaran dalam bidang akidah dan syariah, pada hakekatnya agama Islam ini juga mengajarkan nilai-nilai universal tentang kebaikan. Seperti sikap terbuka dan keadilan.

Sikap terbuka adalah suatu sikap universal yang diajarakan oleh agama Islam maupun agama yang lain. Sikap keterbukaan ini sangat dibutuhkan oleh umat Islam agar segala sesuatunya menjadi mudah. Dan tanpa adanya sikap terbuka ini akan menimbulkan banyak fitnah.

Dalam penerapannya sikap terbuka ini harus dilakukan secara berkeadilan. Itu artinya seseorang yang mempunyai sikap terbuka harus mengetahui situasi dan kondisi. Kapan harus menerapkan keterbukaan dan kapan harus menerapkan sikap tertutup. Karena tanpa adanya kebijaksanaan mengenai kapan harus menerapkan sikap terbuka dan kapan harus menerapkan sikap tertutup seseorang akan cenderung berbuat kezaliman.

Hal perlu diketahui juga adalah bahwa apabila sikap terbuka itu dilakukan dalam segala halnya justru akan membahayakan. Kenapa demikian…? karena ada beberapa Informasi yang bersifat rahasia dan harus dijaga kerahasiaanya. Dan karena kerahasiaanya ini maka orang yang tidak berkepentingan atau musuh jangan sampai mengetahuinya.

Dari sini bisa ditarik konklusi bahwa menjadi orang Islam yang baik dan bijaksana harus mampu bersikap terbuka secara berkeadilan.

Keadilan itu juga termasuk nilai universal dalam Islam yang sangat penting untuk dilaksanakan. Karena dalam banyak aspeknya, segala pemberontakan, kegaduhan serta pertentangan diawali dengan tiadanya keadilan.

Perintah Bersikap Terbuka dan Keadilan

Oleh karena yang demikian maka seyogyanya atau bahkan wajib bagi seorang muslim untuk mempunyai dan menerapkan keadilan dalam berbagai Aspeknya.

Allah Berfirman dalam Surat Al-Hujurat, Ayat 9

وَأَقْسِطُواْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ

Artinya : ”Dan berlaku adillah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.

Dari ayat ini sangat jelas bahwa keadialan adalah suatu sikap yang langsung diperintahkan oleh Allah sendiri dalam Al-Quran. Tentu hal ini mengindikasikan bahwa keadilan itu sangat penting dalam kehidupan umat manusia.

Jika dikaitkan dalam konteks keindonesiaan tentu dua sikap ini yaitu keterbukaan dan keadilan menjadi falsafah dasar bangsa Indonesia yang harus dipegang kuat. Dalam sila kelima Pancasila disebutkan secara gamblang bahwa keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dan tentu sila kelima ini menjiwai segala bentuk aturan hukum maupun kebijakan yang dibuat di Negara Indonesia. Untuk menjamin keadilan warga negara maka dibutuhkan sikap keterbukaan. Karena tanpa sikap terbuka ini keadilan tidak dapat dilaksankan dengan baik di Indonesia ini.

Walhasil, dalam pandangan Islam sikap terbuka dan keadilan ini merupakan nilai universal yang sangat dianjurkan. Islam sangat mendorong pemeluknya untuk menerapkan kedua nilai ini dalam segala lini kehidupan sehingga bisa tercapai kehidupan yang berbahagia, baik dunia maupun akhirat.

 

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru