Kesaksian Di Dunia Dan Di Akherat Mengenai Kemuliaan Ramadhan


Bulan Ramadhan termasuk salah satu bulan yang utama untuk orang Islam, karena di bulan ini banyak sekali kemuliaan-kemuliaan yang bisa diraih oleh setiap Muslim. 

Selain disebut sebagai bulan yang mulia, Bulan Ramadhan juga bisa dikatakan sebagai bulan yang penuh berkah. Bulan yang selalu ditunggu oleh semua orang muslim, dari anak kecil, orang dewasa dan juga orang tua. bahkan orang non muslimpun merindukan bulan ini, karena keberkahan bulan ini begitu luas mereka rasakan. Keberkahan bulan ini terlihat jelas dari hadis Nabi SAW yang artinya ”Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Diantara Kemulian Bulan Ramadhan menurut Imam Nawawi Albantani adalah bulan dimana Al-quran diturunkan, bulan dimana terdapat lailatul qodr, dan dalam bulan ini terdapat puasa wajib serta pada bulan ini pahala dari setiap ibadah sunah dihitung seperti pahalanya ibadah fardhu.

Keutamana bulan Ramadhan ini harus kita yakini kebenarannya, karena telah banyak sekali ayat Al-Quran dan Al-Hadis yang menerangkan mengenai hal ini. disamping itu sebagai seorang muslim wajib mengimani apa yang disampaikan oleh Rasulullah, nah keutamaan mengenai bulan Ramadhan telah disampaikan rosulullah kepada umatnya.

kebenaran mengenai keutamaan Bulan Ramadhan ini juga telah disaksiakan di dunia dan bahkan diakherat. Hal ini didasarkan berdasarkan kabar yang disampaikan oleh Ibnu Abbas, ketika beliau ditanya mengenai tiga hal yaitu hari apa yang paling utama, bulan apa yang paling utama dan amal ibadah apa yang paling utama, maka beliau menjawab dengan tegas bahwa hari yang paling utama adalah hari jumat, bulan yang paling utama adalah bulan Ramadhan, dan amal yang paling mulia adalah sholat wajib pada waktunya.

Kemudian setelah tiga hari dari wafatnya Ibnu Abbas, Sahabat Ali ditemui beliau dalam mimpinya, kemudian sahabat Ali bertanya kembali mengenai tiga hal tadi, ternyata Ibnu Abbas menjawab dengan jawaban yang sama.

Dari kabar ini jelas bahwa keutamaan bulan Ramadhan ini telah disaksikan baik di dunia maupun di akhirat. Kesaksian mengenai keutamaan bulan Ramadhan ini pada hakekatnya adalah sebuah peringatan kepada kita agar tidak melupakan bulan yang penuh keutamaan ini, apalagi mengganggap bulan ini sama dengan bulan yang lainya. Oleh karena yang demikian sebagai seorang muslim sudah seharusnya untuk meningkatan amalan-amalan kebaikan yang sudah dijalankan diluar Ramadhan pada bulan Ramadhan ini. 

Baca Juga:  Hakikat Haji Menurut Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani

Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Wow Wow
0
Wow
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka