Pendidikan untuk Rakyat: Perspektif Negara


0
43 shares

Pendidikan menjadi suatu hal penting untuk dibicarakan karena kini pendidikan menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia.

Pendidikan menjadi suatu dasar untuk menuju pada tatanan kehidupan yang ideal dan sunber daya manusia yang mumpuni dalam mengelola alam yang disediakan untuk sebagai penopang kehidupan manusia.

Dalam pendidikan adalah suatu proses, penggemblengan, pengajaran, dan transfer pengetahuan yang dibarengi dengan meng-up date dari segala lini kehidupan dalam setiap dasawarsa kehidupan.

Sebagai manusia yang membutuhkan pendidikan, sangat penting untuk melihat kembali hal ihwal terpenting dalam pendidikan. Jika pendidikan ditilik dalam prosesnya maka akan kita temui bahwa terpenting dalam pendidikan adalah ilmu pengetahuan. sedangkan, ilmu pengetahuan sendiri lahir atas kepekaan manusia untuk menghayati kehidupan.

Dasawarsa ini kita dapat menyaksikan bersama, di mana tiap orang, golongan, dan kelompok atau komunitas masyarakat atau rakyat yang mulai merasakan mahalnya biaya pendidikan.

Bahkan untuk menikmati fasilitas pendidikan yang berkualitas sangat sulit kita jumpai dalam suatu negeri secara merata, kadang masih kita dapat dengan mudah menjumpai adanya ketidak merataan dalam kualitas pendidikan yang seperti diharapkan. Kemudian dari pada itu, dengan mahalnya biaya untuk pendidikan masyarakat masih harus mencari biaya untuk menopang kehidupan. suatu kontradiksi yang perlu hadirnya negara sebagai fasilitator untuk mewujudkan rakyat yang berpendidikan.

Negara harus benar-benar hadir dan bersama-sama rakyat mewujudkan apa yang menjadi pembawah dan penyelesaian kontradiksi yang ada dalam hidup. Negara harusnya benar-benar tahu apa sebenarnya yang dialami oleh rakyat, sehingga dalam merumuskan pendidikan pun adalah tepat sasaran. oleh sebab, rumusan pendidikan yang salah atau kurang tepat adalah pengangguran.

Salah satu yang dapat menjadi alat ukur untuk melihat kualitas pendidikan kita adalah apakah masih menciptakan lapangan pekerjaan dalam arti kesejateraan hidup atau mala makin banyak pengangguran yang mendominasi dalam kehidupan dawasa ini. perlulah kita lihat sebagai pengukuran kualitas pendidikan kita.

Baca Juga:  Wajah Islam yang Rahmatan Lil Alamin

Mewujudkan pendidikan rakyat dari perspektif negara merupakan kesan bahwa negara hadir menjadi fasilitator, mempermudah, atau memeberikan sumbangsih terhadap terlaksananya proses pendidikan rakyat dalam meciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, humanis, dan berkepribadian selayaknya manusia yang berkeyakinan.

Mewujudkan pendidikan untuk rakyat adalah tanggung jawab setiap negara pada warga-masyarakatnya tanpa terkecuali. Kehidupan dan keselamatan rakyat pula menjadi tanggung jawab dari negara. Dari sini penulis rasa sudah cukup menjelaskan pada kita bahwa tanpa pendidikan yang berkualitas hanya akan merugikan manusia dan masa depan negara.

Artinya, pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan betul-betul mengenah dengan apa yang sedang dihadapi daaarwarsa ini, maupun dalam prediksi akan datang. Ini adlah bisa dikatakan menjadi dasarnya suatu rumusan pendidikan yang semustinya diperhatikan sebagai pendidikan yang hendak melepaskan belenggu rakyat dari kehidupan yang lebih memburuk dari masa ke sekarang.

Sebagai percobaan, coba tanyakan pada diri atau teman anda. Apakah ilmu pengetahuan telah melahirkan kemajuan hidup manusia, dalam arti perbandingan dengan kehidupan sebelumnya. Jika ia kenapa semakin banyak lahan dan rana kehidupan yang semakin ter-eksploitas. Kalau tidak, mengapa sekarang dikatkan sebagai zaman yang maju. hingga pertanyaan selanjutnya adalah posisi negara dalam mewujudkan pendidikan yang merakyat, sebab dengan pendidikan yang merakyat adalah bentuk pendidikan yang benar-benar menjawab peroblem rakyat.


Like it? Share with your friends!

0
43 shares

What's Your Reaction?

Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Wow Wow
0
Wow
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka