27.6 C
Jakarta

Kenalilah 4 Tanda Orang Yang Akan Bahagia Dunia dan Akhirat

Artikel Trending

Asas-asas IslamTasawufKenalilah 4 Tanda Orang Yang Akan Bahagia Dunia dan Akhirat
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Ada sebagian pepatah yang menyatakan hidup yang tidak pernah dipertaruhkan tidak akan dimenangkan. Orang yang tidak punya keinginan untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak. Juga termasuk orang yang tidak pernah mempertaruhkan kehidupannya untuk sesuatu yang abadi. Orang yang mempertaruhkan kehidupan dengan amal saleh tentu berharap akan mendapatkan kebahagiaan dan kemenangan di akhirat kelak. Tentu orang berharap kemenangan wajib mengetahui 4 tanda orang yang akan celaka di dunia dan akhirat. Dan juga mengetahui 4 tanda orang yang akan bahagia di dunia dan akhirat. Hal ini sebagai bahan refleksi.

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad bersabda

عن النبي – صلى الله عليه وسلم – أنه قال: علامة الشقاوة أربعة نسيان الذنوب الماضية وهي عند الله تعالى محفوظة ، وذكر الحسنات الماضية ولا يدرى أقبلت أم ردت ، ونظره الى من فوقه فى الدنيا ، ونظره الى من دونه فى الدين يقول الله اردته ولم يردنى فتركته .

Artinya: “Tanda-tanda orang yang celaka itu ada empat. Pertama, lalai terhadap dosa yang telah lalu padahal dosa itu selalu ada disisi Allah. Kedua, selalu mengingat kebaikan yang lalu padahal dia tidak mengetahui apakah kebaikan itu diterima atau ditolak oleh Allah. Ketiga, mengagungkan orang yang di atasnya dalam masalah dunia. Keempat, merendahkan orang yang di bawahnya dalam masalah agama, Allah berkata kepada orang ini, “engkau mengharapkan pahala manusia bukan mengharapkan pahala dari-Ku maka Aku meninggalkan kamu”.

BACA JUGA  Kenikmatan Yang Setara Dengan Dunia Dan Seisinya, Apa Itu?

Tentu dengan mengetahui ini, kita bisa mulai waspada terhadap perbuatan-perbuatan yang bisa membuat celaka di dunia dan akhirat ini.

4 Tanda Orang Yang Akan Bahagia Dunia dan Akhirat

Setelah mengetahui empat tanda orang celaka dunia dan akhirat. Maka wajib hukumnya orang yang mengharapkan kemenangan dan kebahagiaan di akhirat kelak untuk melihat dulu 4 tanda orang yang akan bahagia di dunia dan akhirat. Hal ini bertujuan untuk memacu diri agar bisa memposisikan diri sebagai orang yang sesuai tanda-tanda orang yang akan bahagia dunia menurut Hadis Nabi.

Nabi Muhammad bersabda

. وعلامة السعادة أربعة ذكر الذنوب الماضية ، ونسيان الحسنات الماضية ، ونظره الى من فوقه فى الدين ، ونظره الى من دونه فى الدنيا

Artinya: “Adapun tanda-tanda orang yang bahagia dalam hidupnya juga ada empat. Pertama, menyesali dosa-dasa yang lalu. Kedua, melupakan perbuatan-perbuatan baik yang lalu. Ketiga, melihat orang yang di atasnya dalam masalah agama, Keempat, Melihat orang yang di bawahnya dalam malah dunia.”

Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru