30.3 C
Jakarta

Ingin Raih Pahala Setara Haji Dan Umrah, Lakukanlah Hal Ini

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahIngin Raih Pahala Setara Haji Dan Umrah, Lakukanlah Hal Ini
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Dalam Islam, kewajiban melaksanakan ibadah haji itu bersyarat. Syaratnya adalah mampu dari biaya, fisik, dan perjalanannya. Oleh karenanya tidak semua orang Islam mampu melaksanakan ibadah haji dan umrah. Namun demikian, dalam Islam, ada suatu amalan yang apabila dilakukan pahalanya setara dengan haji dan umrah.

Memang dalam Islam, ibadah haji adalah impian bagi setiap orang Islam, makanya banyak orang Islam yang rela melakukan banyak hal untuk bisa melaksanakan haji. Ada yang tunggu sampai 30 tahun, dan ada yang menabung dari ribuan sampai akhirnya terkumpul. Berikut amalan yang bisa dilakukan agar mendapat pahala setara dengan haji dan umrah.

Nabi Muhammad dalam sabdanya menjelaskan amalan untuk meraih pahala terserbut

مَنْ خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ مُتَطَهِّرًا إِلَى صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْحَاجِّ الْمُحْرِمِ وَمَنْ خَرَجَ إِلَى تَسْبِيحِ الضُّحَى لَا يَنْصِبُهُ إِلَّا إِيَّاهُ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْمُعْتَمِرِ وَصَلَاةٌ عَلَى أَثَرِ صَلَاةٍ لَا لَغْوَ بَيْنَهُمَا كِتَابٌ فِي عِلِّيِّينَ

BACA JUGA  Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi

Artinya: “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk melaksanakan salat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang haji yang sedang ihram. Dan barangsiapa yang keluar dari rumahnya untuk melaksanakan salat Duha, dia tidak mempunyai niat kecuali itu, maka pahalanya seperti orang yang sedang umrah. Dan menunggu salat hingga datang waktu salat yang lain yang tidak ada main-main di antara keduanya, maka pahalanya ditulis di ‘Iliyyin.” [HR. Abu Dawud]

Dari hadis ini, kita bisa paham tentang amalan untuk meraih pahala setara dengan haji dan umrah. Amalan untuk mendapatkan pahala haji adalah keluar rumah untuk melaksanakan sholat wajib secara berjamaah. Sedangkan untuk mendapatkan pahala setara dengan umrah adalah dengan melakukan sholat duha di masjid.

Amalan ini tentu amat mudah untuk dilakukan, semoga kita semua diberi hidayah oleh Allah untuk selalu bisa melaksanakan amalan yang mendatangkan pahala tersebut, Wallahu A’lam Bishowab.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru