34.2 C
Jakarta

Ingin Jadi Perempuan Ahli Surga, Lakukan 4 Hal Ini

Artikel Trending

Asas-asas IslamHadistIngin Jadi Perempuan Ahli Surga, Lakukan 4 Hal Ini
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Pertanyaan retoris yang sering dilayangkan kepada masyarakat adalah “Siapa sih yang tak ingin masuk surga?”. Sebagai bahan intropeksi diri, setiap orang pasti ingin masuk surga, namun tidak semua orang melakukan hal-hal yang mendekatkan ia ke surga. Bahkan boleh jadi banyak yang menginginkan surga tapi perilakunya berseberangan dengan perilaku ahli surga. Untuk menjadi ahli surga, baik itu dari golongan laki-laki maupun perempuan maka harus melaksanakan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad. Dan berikut 4 hal yang bisa dilakukan untuk menjadi perempuan ahli surga.

Sebagai gambaran, bahwa utamanya perempuan ahli surga itu sesuai hadis Nabi Muhammad itu ada 4. Yaitu Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Asiyah binti Muzahim (istri Fir’aun), dan Maryam binti ‘Imran.

أفضَلُ نِساءِ أهلِ الجَنَّةِ: خَديجةُ بنتُ خُويلِدٍ، وفاطِمةُ بنتُ مُحَمَّدٍ، وآسيَّةُ بنتُ مُزاحِمٍ امرَأةُ فِرعَونَ، ومَريَمُ ابنةُ عِمرانَ

Artinya: “Wanita-wanita yang paling utama sebagai penduduk surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Asiyah binti Muzahim (istri Fir’aun), dan Maryam binti ‘Imran”. (HR. Ahmad)

BACA JUGA  Ingin Jaminan Surga dari Rasulullah, Lakukan Enam Hal Ini

Keempat perempuan ini menjadi perempuan yang paling utama untuk masuk surga tentu karena keimanan dan ibadahnya. Nabi Muhammad dalam sebuah hadisnya menjelaskan bahwa untuk menjadi perempuan ahli surga maka setidaknya harus melakukan 4 hal.

إِذَا صَلَتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَصَنَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ بَعْلَهَا، دَخَلَتْ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شَاءَتْ

Artinya: “Apabila seorang wanita mengerjakan shalat lima waktu, mengerjakan puasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluan, dan menaati suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang ia inginkan” (HR. Ibnu Hibban)

Dari hadis ini menjadi jelas bahwa untuk menjadi perempuan ahli surga maka harus melakukan 4 hal ini.

Pertama, senantiasa melaksanakan shalat 5 waktu,

Kedua, mengerjakan puasa Ramadhan.

Ketiga, menjaga kemaluannya dari perbuatan keji dan mungkar.

Dan keempat adalah menaati seluruh perintah suami, kecuali perintah melakukan hal yang dilarang oleh agama.

Dari keterangan ini semua menjadi jelas, semoga perempuan-perempuan muslim senantiasa melaksanakan 4 hal di atas sehingga berhak menjadi penduduk surga, Amin.

Ahmad Khalwani, M.Hum
Ahmad Khalwani, M.Hum
Penikmat Kajian Keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru