25.7 C
Jakarta

Bahaya Tidak Ikhlas dalam Beribadah

Artikel Trending

Asas-asas IslamHadistBahaya Tidak Ikhlas dalam Beribadah
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Apa si ikhlas itu?. Secara mudah ikhlas adalah melakukan sesuatu hanya ditujukan untuk mencari ridho Allah. Apabila berbuat sesuatu apapun itu, baik itu ibadah ataupun muamalah akan tetapi ditujukan untuk mengharap pujian manusia maka belum dikatakan ikhlas. Dan tidak ikhlas dalam beribadah itu cukup berbahaya. dan berikut bahaya tidak ikhlas dalam beribadah sesuai hadis Nabi Muhammad

Nabi Muhammad dalam hadis yang cukup panjang menjelaskan bahaya tidak ikhlas dalam beribadah.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya orang yang pertama kali akan diadili pada hari kiamat kelak adalah seorang yang berperang untuk mencari mati syahid di jalan Allah. Kemudian dia dihadirkan dan ditunjukkan kepadanya nikmat-nikmat yang telah diberikan kepadanya (di dunia) , maka dia pun mengakuinya. Allah bertanya, ‘Apa yang sudah kamu kerjakan dengan nikmat-nikmat itu?’ Dia menjawab, ‘Aku telah berperang di jalan-Mu hingga aku mati syahid.’ Allah menjawab, ‘Kamu dusta! Sebenarnya kamu berperang karena ingin mendapatkan pujian sebagai seorang yang pemberani, dan hal itu telah kamu dapatkan. Lantas Allah memerintahkan malaikat untuk menyeretnya dalam keadaan tertelungkup dan dia pun dilemparkan ke dalam neraka.

Berikutnya, seorang lelaki yang telah diberikan kelapangan rezeki dan dikaruniai beragam harta benda. Dia juga dihadirkan, dan ditunjukkan kepadanya nikmat-nikmat yang telah diberikan kepadanya. Dia pun mengakuinya. Allah pun bertanya kepadanya, ‘Apa yang sudah kamu kerjakan dengannya?’ Dia menjawab, ‘Tidak ada satu jalan pun yang harus kusedekahkan hartaku, kecuali telah aku infakkan harta itu di jalan-Mu, ikhlas karena-Mu.’ Maka, Allah menjawab, ‘Kamu dusta! Sebenarnya kamu lakukan hal itu agar kamu dijuluki sebagai orang yang dermawan. Dan pujian itu telah kamu dapatkan.’ Lantas Allah memerintahkan malaikat untuk menyeretnya dalam keadaan tertelungkup dan dia pun dilemparkan ke dalam neraka.

Bahaya Tidak Ikhlas dalam Mempelajari Ilmu Agama

Berikutnya, seorang lelaki yang mempelajari ilmu (agama) dan mengajarkannya serta membaca Al-Qur’an. Dia pun dihadirkan dan ditunjukkan kepadanya nikmat-nikmat yang telah diberikan kepadanya. Dia pun mengakui itu semua. Allah bertanya, ‘Apa yang sudah kamu perbuat dengan itu semua?’ Maka dia menjawab, ‘Aku menuntut ilmu, mengajarkannya, dan membaca Al-Qur’an di jalan-Mu.’ Allah menjawab, ‘Kamu dusta! Sesungguhnya kamu menuntut ilmu agar disebut sebagai orang alim, kamu membaca Al-Qur’an agar disebut sebagai qari’.’ Lantas Allah memerintahkan malaikat untuk menyeretnya dalam keadaan tertelungkup dan dia pun dilemparkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim)

Dari hadis hadis Rasulullah yang cukup panjang tersebut, kita jadi mengetahui bahwa amalan apapun ketika tidak ditujukan untuk mencari Ridho Allah adalah hal yang berbahaya. Hal ini lantaran tidak ikhlas dalam beribadah akan menyeret kedalam neraka.

Semoga dengan memahami hadis ini, kita semua akan selalu membaharui niat saat hendak melakukan sesuatu. Pastikan ikhlas dalam menjalani sesuatu, karena tidak ikhlas dalam menjalani sesuatu amatlah berbahaya, Wallahu A’lam Bishowab.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru