30.3 C
Jakarta

Agama Berkeadaban Bakal Tangkal Radikalisme dan Politik Identitas

Artikel Trending

AkhbarNasionalAgama Berkeadaban Bakal Tangkal Radikalisme dan Politik Identitas
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta – Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan moral agama harus menjadi keadaban publik terus diakselerasi sehingg mampu tangal radikalisme dan politik identitas.

Agama, menurut Haedar, harus dihadirkan dengan disandingkan bersama kemajuan zaman. “Hadirkan Islam agama yang membawa kemajuan bangsa bukan hanya kecerdasan, digital kemudian globalisasi tapi juga keadaban,” ucap Haedar dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/11/2022).

Menurut Haedar, kemunculan politik identitas dan radikalisme dapat ditangkal melalui model beragama yang berkeadaban.

Dirinya mengatakan ruang publik akan diisi oleh masyarakat beragama tidak hanya formalitas ritual saja.

“Sehingga nanti kalau potensi agama ini yang kita kembangkan kita tidak perlu cemas sebenarnya dengan politik identitas, dengan radikalisme karena apa,” ujar Haedar.

BACA JUGA  BNPT Paparkan Pentingnya Kerja Sama Banyak Pihak Lawan Terorisme

“Karena nanti ruang publik itu sudah diisi oleh orang atau masyarakat Indonesia yang beragama dengan baik bukan hanya formalitas ritual. Islam berkemajuan itu,” tambah Haedar.

Haedar menilai Indonesia adalah negara kepulauan tersebar diberi kekuatan rohani agama dan umat beragama yang damai dan punya kontribusi membangun bangsa.

Negara-negara lain, menurut Haedar, susah untuk menerapkan keharmonisan seperti ini. “Di sana sini ada konflik memang internal agama, antar agama tapi konflik itu tidak menciptakan konflik besar dan itu modal besar,” pungkas Haedar.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru