32.1 C
Jakarta

Jelang Putusan MK: Ma’ruf Amin Ingatkan Pentingnya Kerukunan dan Persatuan

Artikel Trending

AkhbarNasionalJelang Putusan MK: Ma’ruf Amin Ingatkan Pentingnya Kerukunan dan Persatuan
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, minta seluruh pihak yang terlibat dalam sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dan masyarakat untuk menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Putusan itu akan dibacakan MK pada 22 April 2024.

Permintaan itu, disampaikan langsung oleh Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi. Persidangan MK adalah bagian dari mekanisme penyelesaian sengketa yang sah usai pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024.

“Wapres mengimbau kepada masyarakat dan seluruh pihak terkait khususnya yang bersengketa dan para pendukungnya, untuk menghormati dan menerima apa pun hasil yang diputuskan MK nanti,” kata Masduki dalam keterangan, Minggu (21/4/2024).

Sikap menghormati itu, kata dia karena putusan MK nantinya memiliki kekuatan hukum tetap. Apalagi MK juga telah menerima puluhan amicus curiae dari berbagai pihak.

BACA JUGA  Pemerintah Baru Harus Lebih Tegas Tangani Kelompok Anti Pancasila

“MK juga telah melakukan pelibatan publik untuk berpendapat, melalui amicus curiae atau sahabat pengadilan, yang sudah disambut oleh para tokoh bangsa dan kaum cerdik pandai. Dengan demikian putusan MK legitimate,” sambungnya.

Dengan cara menghormati putusan itu, akan berdampak terhadap kerukunan bangsa dan tanah air. Sebab, kerukunan dan persatuan merupakan prasyarat utama suatu bangsa agar terus dapat bergerak untuk meraih kemajuan.

“Kepada segenap bangsa Indonesia, Wapres meminta untuk terus menjaga kerukunan dan persatuan demi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru