32.1 C
Jakarta

FKUB-Sulteng Tingkatkan Program Penguatan Kerukunan Umat Beragama

Artikel Trending

AkhbarDaerahFKUB-Sulteng Tingkatkan Program Penguatan Kerukunan Umat Beragama
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Palu – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah terus menggencarkan program penguatan pembangunan dan peningkatan kualitas kerukunan umat beragama di wilayahnya. Hal ini dilakukan guna mencapai tujuan indeks toleransi yang tinggi.

Ketua FKUB Sulawesi Tengah Zainal Abidin di Kota Palu pada Sabtu (20/04), mengatakan penguatan kerukunan umat beragama harus terus dilakukan supaya terwujud tata kehidupan umat beragama yang harmonis dan damai. “FKUB tidak akan berhenti menggencarkan pembangunan kerukunan dengan berbagai strategi program,” ujarnya.

Ia mengemukakan pada periode April-Juni 2024 sejumlah program prioritas pembangunan dan peningkatan kualitas kerukunan digencarkan oleh FKUB Sulteng. Program tersebut membina kerukunan melalui tokoh lintas agama yang tergabung dalam FKUB. Meraka aktif mengunjungi dan menjalin silaturahim dengan pimpinan dan jemaat Hindu dan Budha.

Pada tahun ini, tokoh lintas agama FKUB Sulteng juga akan melaksanakan silaturahim dengan organisasi keagamaan. Sementara ini yang menjadi sasaran di antaranya adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulteng, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, dan Pimpinan Wilayah Darud Da’wah wal Irsyad (DDI) Sulteng.

BACA JUGA  Pemkab Sigi Cegah Radikalisme melalui Beasiswa Sekolah Agama ke Yaman

Silaturahim dengan tokoh-tokoh Hindu dan Budha merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan pada triwulan pertama pada 2024. Dalam program ini tokoh lintas agama telah bersilaturahim dan berdialog dengan pimpinan dan jemaat Katolik, GPDI, dan Bala Keselamatan, serta Protestan.

“Dalam kunjungan silaturahim ini, tokoh lintas agama FKUB Sulteng berdialog dengan pimpinan dan jemaat agama-agama, serta pimpinan dan pengurus organisasi keagamaan. Hal ini untuk menyatukan persepsi dan gerak bersama menguatkan kerukunan antarumat beragama di Sulteng,” tegas Zainal.

Melalui silaturahim FKUB Sulteng juga mengajak semua pimpinan dan jemaat agama-agama dan organisasi keagamaan untuk bersama-sama menangkal tumbuh-kembangnya gerakan radikalisme dan terorisme. “Radikalisme dan terorisme menjadi musuh kita bersama sehingga secara bersama-sama kita harus melawan penyebaran paham tersebut,” kata dia.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru