28.2 C
Jakarta

Doa Agar Selalu Terdorong Melakukan Kebaikan

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahDoa Agar Selalu Terdorong Melakukan Kebaikan
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Allah dalam banyak ayat Al-Quran berfirman bahwa sekecil apapun kebaikan akan bernilai pahala dan juga sebaliknya. Dalam banyak Ayat, Allah juga selalu memerintahkan berbuat kebaikan kepada siapa saja baik orang tua, tetangga dan masyarakat. Oleh karena yang demikian maka umat Islam diwajibkan untuk selalu melakukan kebaikan.

Meskipun masuk surga adalah hak prerogatifnya Allah, namun orang yang banyak melakukan kebaikan akan dekat dengan surganya Allah. Salah satu usaha agar giat melakukan kebaikan adalah dengan berdoa kepada Allah. Dengan doa ini semoga Allah selalu menggerakkan setiap langkah kepada kebaikan. Dan berikut doa agar selalu terdorong melakukan kebaikan.

اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله رب العالمين

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya, “Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan salawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya,”

BACA JUGA  Ingin Meraih Malam Lailatul Qadar, Lakukan 5 Petunjuk Nabi Ini

Semoga dengan istikamah membaca doa ini kita akan diberi kekuatan untuk selalu melakukan kebaikan dan terhindar dari melakukan maksiat. Nabi Muhammad juga memerintah umatnya apabila telah melakukan maksiat untuk segera melakukan kebaikan-kebaikan. Karena kebaikan itu akan menghapus dosa-dosa maksiat.

عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

Artinya: “Rasulullah bersabda: “Bertakwalah kepada Allah di mana saja engkau berada dan susullah sesuatu perbuatan dosa dengan melakukan kebaikan, pasti akan menghapuskannya dan bergaullah sesama manusia dengan akhlak yang baik”. [HR. Tirmidzi]

Ahmad Khalwani, M.Hum
Ahmad Khalwani, M.Hum
Penikmat Kajian Keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru