27.8 C
Jakarta

Kemenag Segera Buka Seleksi Petugas Haji Tahun 2024

Artikel Trending

AkhbarKemenag Segera Buka Seleksi Petugas Haji Tahun 2024
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Kementerian Agama akan segera menggelar seleksi petugas haji tahun 1445 H/2024 M seiring dengan selesainya penyelenggaraan haji tahun 1444 H/2023 M.

“Dalam waktu dekat, kami akan melakukan seleksi petugas haji, karena semua harus clear tahun ini,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief di Semarang, Rabu (30/8/2023) dikutip melalui laman resmi Kemenag RI.

Hilman menjelaskan bahwa Indonesia tahun 2024 mendapatkan kuota penuh sebanyak 221.000 jemaah. Untuk petugas, baru 2.200. Pihaknya masih berkomunikasi dengan pihak Saudi agar bisa ditambahkan kuota petugas haji.

“Kami masih negosiasikan. Jika hasil negosiasi kuota petugas tidak bisa sebanyak tahun 2023, ini akan menjadi tantangan Kemenag untuk mereformulasi petugas secara lebih efektif dan efisien dengan kinerja yang terukur pada bidangnya,” tambahnya.

BACA JUGA  Pengamat Terorisme Ingatkan Pemerintah Perlu Waspada Kamuflase HTI

Pihaknya juga menyebut banyak mendapatkan pelajaran selama penyelenggaraan haji tahun 2023 di mana 30% dari jemaah haji Indonesia adalah umur lansia. Ia berkomitmen untuk memperkuat lini layanan jemaah haji dengan memperkuat barisan petugas haji Indonesia, baik secara kualifikasi, fisik, usia, skema penempatan, dan lainnya.

“Kita menyaksikan kondisi di mana kesiapsiagaan sangat penting. Kita sedang siapkan simulasi baru penyelenggaraan haji 2024 dengan menyiapkan petugas lebih matang secara kualifikasi, mental, knowledge, dan keterampilan,” jelasnya saat membuka Evaluasi Kinerja Petugas PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Arab Saudi di Bandungan, Semarang.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru