28.2 C
Jakarta

Innalillahi, Aceh Kembali Berduka, Abi Bidok Salah Seorang Ulama Kharismatik Pijay Meninggal Dunia

Artikel Trending

AkhbarDaerahInnalillahi, Aceh Kembali Berduka, Abi Bidok Salah Seorang Ulama Kharismatik Pijay Meninggal...
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Pidie Jaya. Innalilahi wa innailahi rajiun, kabar duka kembali melanda Aceh, seorang Ulama Kharismatik Pidie Jaya Tgk. H. Syarifuddin bin Abdul Jalil Pimpinan Dayah Daruzzahidin Al-Istiqamatuddin Gampong Bidok, Ulim, Pijay atau akrab disapa Abi Bidok,  Ulim meninggal dunia, Senin (24/8/2020) sekitar pukul 10.00 WIB.

Ulama kharismatik Pijay tersebut selama ini lebih kurang setahun dalam kondisi kurang sehat (menurut riwayat mengalami stroke).

Pantauan media ini, ribuan masyarakat, alumni dan alim ulama juga tokoh agamawan, tokoh masyarakat termasuk para pejabat pemerintahan melayat ke tempat almarhum untuk melaksanakan shalat jenazah yang dilaksanakan sesudah shalat dhuhur.

Hadir juga ke rumah almarhum, Almukarram Abu Tanjong Bungong, Waled Nuruzzahri dan beberapa ulama lainnya juga hadir, para pimpinan dayah baik dari Pidie Jaya dan luar Pijay. Terlihat juga tempat almarhum Wakil Bupati Pijay H. Said Mulyadi, M. Si dan rombongan serta pejabat pemerintahan lainnya.

Jenazah almarhum dikebumikan di kompleks dayah tersebut yang prosesinya dilaksanakan hingga menjelang shalat Asar.

Ketua PC NU Pidie Jaya Tgk Ikhwani, MA mengatakan kepergian Abi Bidok sosok ulama sepuh Pijay melahirkan duka yang mendalam untuk masyarakat Pidie Jaya khususnya dan Aceh pada umumnya.

“Awal tahun ini masyarakat Pijay berduka dengan berpulang ke rahmatullah salah seorang warisatun ambiya lampu penerang umat, semoga almarhum diampuni segala dosanya dan husnul khatimah,”ungkapnya yang juga pimpinan Dayah Sirajul Huda Al-Azizyah Meureudu,Pijay dan kandidat doktor UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

BACA JUGA  BNPT Sinergi dengan UIN Datokarama Kembangkan Kampus Kebangsaan

Abi bidok Sosok Alim Faqih dan Ahli Tasawuf

Sementara itu Rais Syuriah PC NU Pijay Abi Rusydi menyebutkan sosok Abi bidok ulama faqih juga ahli tasawuf, di dayah selain beut seumeubeut juga setiap tahun ada di buka suluk yang jamaahnya datang dari berbagai daerah.

“Abi merupakan Alumni Dayah Lam Ateuk, Muridnya Abu Lam Ateuk. Sebelum beliau belajar ilmu agama di Lam Ateuk. Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa Abi dahulunya pernah menuntut ilmu agama di Dayah Gampong Blang Kuta, Ulee Gle yang waktu itu dayah tersebut dipimpin oleh Salah satu ulama kharismatik Aceh Timur yaitu Alm Abu Abdul Mannan Alue Lhok (Ayahanda Tgk Muhammad Alue Lhok) , singkat cerita Abu Manan dijemput oleh masyarakat Alue Lhok untuk  mendirikan dayah disana yang diberi nama Dayah Al Muna,” lanjutnya.

Pimpinan Dayah Irsyadul Ulum Al-Aziziyah Meurah Dua itu menambahkan, Setelah Abi Bidok itu Abi melanjutkan pendidikan ke Dayah Lam Ateuk. Yang mana pada waktu itu,dayah Lam Ateuk dan dengan berkat kegigihannya, setelah pulang ke kampung halamannya Abi sudah mendirikan dayahnya sendiri yang diberi nama Dayah Istiqamatuddin Daruzzahidin yang berada di desa Bidok, Kec Ulim. Kab Pidie Dayah berada sekitar 5KM dari jalan raya B.Aceh-Medan.

“Beberapa tahun terakhir hingga kini dayah Abi Bidok berkembang pesat, santrinya datang dari berbagai daerah baik dari Pijay dan luar Pijay, “tutupnya yang juga merupakan pengurus teras Tastafi Pijay

Tgk. Helmi Abu Bakar El-Lamkawi
Tgk. Helmi Abu Bakar El-Lamkawi
Guru Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga dan Dosen IAI Al-Aziziyah Samalanga, Bireuen dan Ketua PC Ansor Pidie Jaya, Aceh.

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru