34.4 C
Jakarta

WHO Serukan Solusi Kemanusiaan untuk Konflik Gaza

Artikel Trending

AkhbarInternasionalWHO Serukan Solusi Kemanusiaan untuk Konflik Gaza
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Yerusalem – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan jeda kemanusiaan dalam pemboman Israel di Gaza . Jeda kemanusiaan ini untuk memungkinkan akses bantuan karena sistem kesehatan di Gaza. Akhir-akhir ini akibat serangan yang bertubi-tubi Gaza menghadapi kekurangan kritis.

“Penutupan titik masuk dan keluar untuk pasien dan tim kesehatan kemanusiaan serta pembatasan ketat terhadap masuknya pasokan medis memperburuk krisis kesehatan masyarakat ini,” kata Direktur Regional WHO, Ahmed Al-Mandhari.

“Tingkat keparahan cedera menekan sistem kesehatan yang sudah kewalahan menghadapi kekurangan kritis obat-obatan. Kiris juga terjadi pada persediaan barangn-barang penting sementara juga memerangi pandemi Covid-19,” sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Kamis (20/5/2021).

Sementara itu, kepala perwakilan WHO untuk Tepi Barat dan Gaza, Rik Peeperkorn menuturkan konvoi PBB untuk membawa bantuan kemanusiaan. Salah satu hal yang menjadi tawaran adalahy 10.000 vaksin virus Corona Sinopharm, ke Gaza. Mereka membawa orang-orang yang terluka keluar, siap masuk segera setelah bisa mendapatkan akses.

BACA JUGA  Biden ke Timur Tengah, Pasukan AS Tewaskan Komandan ISIS Suriah

WHO mengingatkan Gaza akan pentingnya nilai kemanusian dan peduli sesama. “Sampai ada kesepakatan gencatan senjata, semua pihak dalam konflik harus menyetujui jeda kemanusiaan untuk memastikan akses masuk dan keluar dari Gaza,” ujarnya.

Sejak pertempuran dimulai pada 10 Mei, pejabat kesehatan di Gaza mengatakan 230 warga Palestina, termasuk 65 anak-anak dan 39 wanita, telah tewas dan lebih dari 1.700 luka-luka dalam serangan udara dan artileri.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru