31.9 C
Jakarta

Wali Kota Tangerang Minta Tekankan Moderasi Beragama Untuk Jaga Kerukunan Umat

Artikel Trending

AkhbarDaerahWali Kota Tangerang Minta Tekankan Moderasi Beragama Untuk Jaga Kerukunan Umat
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Banten – Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan moderasi beragama sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu moderasi beragama juga mampu untuk menjaga kerukunan dan harmoni antar umat.

“Apalagi jelang pesta demokrasi yaitu pemilihan umum, kita semua harus menjadi bagian dari terwujudnya pemilu yang damai dan harmonis,” kata Nurdin dalam acara dialog Kerukunan Lintas Iman Tahun 2024 yang digelar di Aula Gedung Universitas Budi Darma Kota Tangerang, Sabtu.

Dialog itu diikuti 200-an peserta yang bertujuan untuk dua arah. Pertama untuk memelihara kerukunan di internal umat beragama dan kedua untuk menjaga kerukunan antar umat beragama.

Pj. Wali Kota Nurdin juga mengajak para peserta untuk mengedepankan sikap toleransi, saling menghormati dan menghargai perbedaan dalam beragama.

BACA JUGA  Ini Konsep Rekonstruksi Tauhid Dalam Beragama ala Haedar Nashir

Koordinasi dan dialog antara pemerintah pusat dan daerah, lanjutnya, juga perlu dilakukan secara terus-menerus, mengingat persoalan agama dan kehidupan beragama sangat esensial dan sensitif bagi masyarakat Indonesia.

Moderasi beragama diharapkan dapat mendukung terciptanya demokrasi yang harmonis. Sebab moderasi beragama menjadi solusi penyelesaian konflik dengan cara yang damai yaitu dengan mengedepankan dialog dan negosiasi sebagai alat untuk menyelesaikan perbedaan.

“Pemerintah Kota Tangerang sangat mendukung adanya kegiatan positif seperti ini, terutama yang bertujuan untuk semakin menguatkan kerukunan beragama,” ujarnya.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru