30.3 C
Jakarta

Tangkal Radikalisme dan Terorisme, Kodim Kendal Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

Artikel Trending

AkhbarDaerahTangkal Radikalisme dan Terorisme, Kodim Kendal Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Kendal – Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii memberikan sosialisasi Wawasan Kebangsaan kepada warga Desa Surokonto, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal, Selasa (1/11/2022).

Hal ini dilakukan, sebagai upaya menangkal pengaruh negatif maupun doktrin dari paham-paham radikalisme dan terorisme di Kendal. Bertemakan menjalin ukhuwah dan cegah ekstremisme, Dandim memberikan arahan kepada masyarakat, supaya selalu menjaga Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara

“Karena Pancasila sebagai dasar filosofis dan sebagai pedoman dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari,” tandas Jenry.

Artinya, lanjut Dandim, Pancasila merupakan falsafah negara dan pandangan atau cara hidup bagi bangsa Indonesia, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai cita-cita nasional.

“Perlu adanya pemahaman dan menumbuhkan kesadaran dari seluruh komponen bangsa Indonesia akan bahaya pengaruh paham radikalisme dan terorisme yang saat ini menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa dan negara,” tandas Jenry.

BACA JUGA  IAIN Ponorogo Ajak Mahasiswa Tangkal Bahaya Radikalisme

Sedangkan Sekda Kendal, Sugiono dalam sambutannya mengungkapkan, dalam kehidupan sehari-hari harus berpegang empat pilar kebangsaan antara lain Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Kebhinekaan Tunggal Ika.

“Setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa empat pilar adalah prinsip moral ke-Indonesian yang memandu tercapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Kesbangpol Kendal, Suharjo mengucapkan rasa terima kasih kepada TNI, khususnya pihak Kodim 0715/Kendal yang telah memberikan sosialisasi Wawasan Kebangsaan tersebut.

“Terima kasih atas sosialisi yang dilaksanakan Kodim 0715/Kendal. Warga sangat antusias mengikuti. Semoga dengan sosialisasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Surokonto Kulon,” ujarnya.

Ahmad Fairozi
Ahmad Fairozihttps://www.penasantri.id/
Mahasiswa UNUSIA Jakarta, Alumni PP. Annuqayah daerah Lubangsa

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru