30.8 C
Jakarta
Array

Serangan Jet Tempur Rusia di Sungai Efrat, 16 Warga Sipil Tewas

Artikel Trending

Serangan Jet Tempur Rusia di Sungai Efrat, 16 Warga Sipil Tewas
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Beirut. Sedikitnya 16 warga sipil, termasuk beberapa anak tewas dalam serangan udara yang diyakini telah dilakukan jet tempur Rusia, di Provinsi Deir Ezzor, Suriah, Kamis (19/10/2017).

Dalam beberapa waktu terakhir, sebagian wilayah provinsi di sebelah timur Suriah itu dikendalikan oleh kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah ( ISIS).

“Warga sipil terbunuh saat mereka mencoba menyeberangi SungaiEfrat di dekat Kota Abu Kamal,” kata lembaga Observatorium untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris.

Lembaga pemantau ini mengandalkan informasi dari jaringan sumber di Suriah.

Disebutkan, mereka mengidentifikasi pesawat yang melakukan penyerangan, berdasarkan jenis, lokasi, pola penerbangan, dan amunisi yang digunakan.

Dari analisa itu, seperti diberitakan AFP, didapat kesimpulan bahwa jet tempur Rusia yang telah melakukan serangan tersebut.

Abu Kamal adalah salah satu dari sedikit benteng ISIS yang tersisa di Suriah.

ISIS telah kehilangan kendali Raqa pada minggu ini, yang sebelumnya disebut sebagai ibukota “kekhalifahan” para teroris, yang diklaim pada tahun 2014.

Sementara, Rusia memulai sebuah intervensi di Suriah untuk mendukung sekutunya, Presiden Bashar al-Assad sejak tahun 2015.

Rusia pun telah membantu rezim tersebut memenangi kembali sebagian besar negara tersebut.

Tercatat, lebih dari 330.000 orang telah terbunuh di Suriah sejak konflik tersebut meletus pada Maret 2011.

Kompas.com

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru