25.4 C
Jakarta

Rusia Kembali Perkuat Markas Militer di Tajikistan

Artikel Trending

AkhbarInternasionalRusia Kembali Perkuat Markas Militer di Tajikistan
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Moskow-Rusia memperkuat markas militernya di Tajikistan yang bertetangga dengan Afghanistan, dengan menempatkan 30 tank baru hingga akhir 2021. Demikian dilaporkan Kantor Berita Interfax.

Moskow menggelar latihan militer di Tajikistan dan memperbanyak perangkat keras di markas tersebut, sejak Amerika Serikat menarik pasukannya dari Afghanistan dan pengambilalihan singkat oleh Taliban. Ini merupakan ekspansi terbesar Rusia di luar negeri.

Rusia khawatir dengan potensi kejatuhan di wilayah yang lebih luas dan kemungkinan kelompok ekstremis menyusup ke Asia Tengah, yang dilihat Moskow sebagai penyangga pertahanan wilayah selatan mereka.

Perbatasan Tajikistan dengan Afghanistan membentang sejauh 1.344 km dan sebagian besar merupakan wilayah pegunungan dan mempersulit pihak kepolisian. Interfax yang mengutip komandan unit tank Distrik Militer Pusat Rusia Khanif Beglov, menyebutkan bahwa 30 tank modern akan ditempatkan di markas tersebut hingga akhir tahun 2021 untuk menggantikan kendaraan tempur yang lebih usang.

BACA JUGA  Mesir Kecam Israel setelah Ekstremis Menyerbu Masjid Al-Aqsa

 

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru