27.1 C
Jakarta

Rindu Yang Memasukanmu Kedalam Surga

Artikel Trending

Setiap orang yang beriman pasti mendambakan untuk bisa masuk surga yang didalamnya penuh kenikmatan. Surga adalah balasan bagi orang yang mengerjakan amal saleh dan selalu iklas dalam beribadah.

Konsep surga hanya dimengerti oleh orang yang mengaku beriman saja. Bahkan surga merupakan konsep kenikmatan setelah kematian yang hampir dimiliki oleh setiap agama. Dalam agama Islam, surga adalah janji Allah yang pasti untuk orang yang beramal saleh. Surga adalah hadiah dari Allah untuk orang yang dikehendakinya.

Nabi Muhammad selaku penerima wahyu dari Allah, mengabarkan bahwa surga merindukan dan selalu memanggil-manggil calon penghuninya. Siapa manusia calon penghuni surga yang selalu dirindukan surga ini..?. Nabi Muhammad bersabda

من سأل الله الجنة ثلاث مرات قالت الجنة اللهم ادخله الجنة ومن استجار من النار ثلاث مرات قالت النار اللهم اجره من النار

Artinya: “Barang siapa yang meminta kepada Allah surga tiga kali, maka surga akan berkata Ya Allah masukanlah ia kedalam surga. Dan barang siapa yang mohon kepada Allah perlindungan dari azab neraka sebanyak tiga kali, maka neraka berkata, Ya Allah lindungilah ia dari azab neraka.” [HR. Tirmdzi]

BACA JUGA  Protes Iblis Terhadap Ampunan Allah Kepada Manusia

Ternyata manusia yang dirindukan dan dipangil-panggil oleh surga adalah orang yang merindukan surga. Orang yang rindu pasti akan selalu menyebut-nyebut orang yang dirindukannya. Demikian juga orang yang selalu merindukan surga pasti akan selalu menyebut surga dalam jumlah yang tiada terkira.

Jikalau rindu terhadap sesama manusia belum tentu rindu tersebut terbalas. Namun berbeda dengan merindukan surga, pasti surga tersebut akan merindukan juga, sebagaimana yang keterangan yang disabdakan Nabi Muhammad. Betapa bahagianya orang yang rindu terhadap sesuatu ditemukan dengan yang dirindukan. Dan betapa bahagia apabila yang dirindukan juga sama-sama merindukan.

BACA JUGA  Empat Tingkatan Bersuci Menurut Imam Al-Ghazali

Dan agar surga merindukan kita, selain dengan kita selalu merindukannya, kita juga harus selalu melaksanakan apa-apa yang mendekatkan kita kedalam surga. Oleh karenanya Nabi Muhammad mengajarkan kepad Aisyah dan kita semua doa yang mengantarkan kita kedalam surga.

Doa tersebut adalah

أللهم إني أسألك الجنة وما قرب إليها من قول وعمل وأعوذ بك من النار وما قرب إليها من قول وعمل

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadamu surga serta setiap ucapan dan tindakan yang mendekatkan kepadanya. Dan aku memohon perlindunganmu dari neraka, serta setiap ucapan

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru